Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Rudy Arijanto

Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan

Submitted by Untung on January 15, 2014 – 11:18 am8 Comments

Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan Membantu Orang Tua Menghadapi kehidupan. Oleh: Rudy Arijanto

Apakah yang dimaksud dengan membantu orang tua menghadapi kehidupan dalam ceramah Dhamma kali ini? bukankah Membantu orang tua kita dalam menghadapi kehidupan merupakan hal yang sudah jelas dan merupakan tanggung jawab kita sebagai putra putrinya.

Sebenarnya maksud saya adalah membantu orang tua kita dalam menghadapi kehidupan sebagai lansia. Kalau lebih tepatnya adalah membantu orang tua kita menghadapi kematian. Walaupun sebagai Buddhis kita tidaklah boleh alergi membicarakan tentang kematian. Buddha malah mengatakan kita harus kerap kali merenungkan tentang kematian. Namun agar tidak terlalu menyeramkan bagi sebagian orang yang membaca, maka judulnya saya perlunak menjadi membantu orang tua menghadapi kehidupan.

Bapak Rudy Arijanto dalam ceramah Dhamma di awal tahun 2014 di Vihara Pluit Dharma Sukha mengingatkan kita bahwa usia kita sudah bertambah satu tahun. Secara tersirat ini juga berarti kita satu tahun semakin dekat menuju kematian. Bagi kita yang sudah berumur atau yang masih mempunyai orang tua yang sudah uzur/lansia, apa yang harus kita perhatikan dengan makin dekatnya kita menuju kematian?

Lebih dari tiga puluh tahun yang lampau saat saya berada di Cetiya gang Jago Petak Sembilan Jakarta, Saya mendengar obrolan beberapa orang yang tengah membicarakan tujuan hidup manusia. Satu orang mengatakan sebenarnya tujuan manusia tentu saja berbeda-beda, tetapi ada satu tujuan hidup yang sama yang harus dimiliki oleh semua orang. Tujuan hidup manusia itu adalah untuk mempersiapkan kematian. Obrolan itu berkesan dalam pikiran saya sehingga masih saya ingat sampai sekarang. saya masih samar bisa mengingat wajah orang tersebut, tetapi saya sudah lupa namanya, karena tidak akrab dengan orang tersebut.

Kita boleh sibuk mengejar cita cita dan tujuan hidup kita yang lainnya tetapi apakah kita masih meluangkan waktu untuk mempersiapkan tujuan hidup kita yang mendasar yaitu mempersiapkan kematian kita.

Sebagai Buddhis yang baik tentu saja kita sudah maklum apa yang harus kita persiapkan untuk menghadapi kematian. Jika kita masih mempunyai orang tua, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka menghadapi kematian?

Bapak Rudy Arijanto menjelaskan ada 4 hal yang bisa kita lakukan sebagai anak untuk membantu orang tua kita dalam menghadapi kehidupan lanjut usia mereka. Tentu saja sebagai Romo yang banyak mengerti tentang tradisi Tionghoa, beliau juga sempat menyelipkan tentang tujuan serta makna dari beberapa tradisi atau kebiasaan orang Tionghoa. Tradisi ini sering di salah mengerti oleh orang yang menjalankannya, apalagi bagi orang yang sekedar melihat kegiatan tersebut. Hal itu bisa dimaklumi karena mereka hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh para orang tua pendahulu.

Silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Dhamma dari bapak Rudy Arijanto tersebut dengan mengklik tombol play pada flash player dibawah ini. Untuk dapat mendengar lewat streaming audio (tanpa mendownload) anda memerlukan plug in flash player terinstall pada browser pilihan anda. Jika tidak ada maka silakan mendownload file Mp3. Untuk mendownload Mp3, anda memerlukan username dan password yang diberikan secara gratis setelah anda mendaftar sebagai anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Rudy Arijanto “Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan”

[01:32:18]  15.8 MB ( Untuk streaming online,dibutuhkan Flash Player )

Download ‘Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan, Rudy Arijanto 15.8 MB

Selamat Tahun Baru 2014. Semoga kita dapat mempersiapkan diri kita maupun orang tua kita dengan baik dalam menghadapi kematian. Semoga kita selalu berbahagia dan sejahtera. Sadhu…..Sadhu….. Sadhu…..

8 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image