Politik Dalam Pandangan Buddhisme
April 7, 2014 – 12:57 pm | No Comment

Politik Dalam Pandangan Buddhisme. Oleh: Cornelis Wowor MA.
Pemilihan Umum 2014 untuk memilih calon  legislatif tinggal 2 hari lagi. Akhir Maret lalu Bapak Cornelis Wowor ber ceramah tentang masalah Politik dalam Pandangan Buddhisme. Ternyata dalam …

Baca dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhante Kamsai

Kumpulan ceramah Bhante Kamsai

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

Dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Dr. Krishnanda W. Mukti

Rudy Arijanto

Kumpulan Ceramah dari Bapak Rudy Arijanto

Sri Pannavaro Mahathera

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhante Sri Pannavaro Mahathera

Sri Pannavaro Mahathera »

Kasih Sayang Ibu (Sebuah Renungan)
March 24, 2014 – 7:11 pm | 2 Comments

Kasih Sayang Ibu Kasih Sayang Ibu (Sebuah Renungan) oleh: Sri Pannavaro Mahathera

Ceramah Dhamma dengan tema kasih sayang ibu oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera ini saya dapatkan dari sebuah audio CD yang diterbitkan oleh DPP PATRIA. Tidak disebutkan dalam CD tersebut kapan dan dimana khotbah ini dibawakan oleh beliau.

Dalam agama Buddha kedudukan seorang ibu sangat lah istimewa. Dalam Mangala Sutta disebutkan bahwa menyokong ayah dan ibu merupakan suatu berkah utama. Kita mungkin mengatakan bahwa kasih sayang ibu adalah tema sangat sederhana, namun pada praktek kehidupan kita sehari-hari apakah kita sungguh sungguh sudah menyadari besarnya kasih sayang ibu kita? dan sudah berusaha untuk membalas budinya?. Jika merasa sudah membalas apakah dengan cara yang benar?

Banyak kasus di sekeliling kita yang menggambarkan putra putri yang tidak berbakti pada orang tuanya. Banyak alasan yang menimbulkan hal itu. Bisa masalah ekonomi, masalah keluarga, bahkan masalah agama juga bisa membuat seorang anak mengakibatkan orang tuanya menjadi sedih dan menderita.

Cukup banyak kasus yang kita dengar karena alasan seorang anak merasa agamanya yang paling benar dan agama orang tuanya salah maka dia bisa mengancam untuk tidak mau mengurus orangtuanya sendiri jika tidak ikut agamanya. Mungkin dia merasa niatnya baik. Tetapi niat itu benar jika alasannya itu benar, dan dengan cara yang juga harus benar bukan dengan paksaan atau ancaman yang justru membuat orangtuanya merasa menderita.

Agama Buddha juga mengajarkan bahwa untuk dapat membalas budi kepada orang tua, maka seorang anak harus bisa membuat orangtuanya mempunyai sila yang baik dan mengerti Dhamma serta hukum hukumnya. Tetapi sepanjang pengetahuan saya itu bukanlah berarti bahwa seorang anak Buddhis baru bisa membalas budi orangtuanya jika bisa membuat orangtuanya juga beragama Buddha.

Menjalankan sila dan mempraktekkan Buddha Dhamma serta hukum hukumnya tidak identik dengan harus beragama Buddha. Ada orang yang bukan beragama Buddha namun pada prakteknya dia menjalankan sila dan mengerti tentang yang baik akan berakibat baik dan melakukan yang buruk akan berakibat buruk. Bandingkan dengan orang yang mengaku Buddhis tetapi tidak menjalankan sila dan tidak mengerti ajaran Buddha. Mana yang Buddhis menurut anda? Hidup sesuai Buddha Dhamma tidak perlu harus beragama Buddha. Buddha Dhamma bukanlah berupa ritual keagamaan yang dangkal.

Mari kita kembali dalam topik Kasih Sayang Ibu ini. Sebagai seorang anak Buddhis yang baik maka kita harus membalas budi orangtua kita terutama ibu kita. Bhante Sri Pannavaro menerangkan caranya dalam ceramah renungan kasih sayang ibu ini. Namun jika orangtua kita punya keyakinan lain maka menurut hemat saya membalas budinya bukan dengan memaksanya menjadi beragama Buddha tetapi mulai dengan memberikan contoh prilaku kita sendiri yang baik kemudian secara perlahan lahan mengajarkan tentang sila dan Dhamma serta hukum hukumnya. Jika kita bisa membuat orangtua kita hidup sesuai Buddha Dhamma maka kita sudah membalas budi mereka.

Silakan anda mendengarkan renungan dari Bhante Sri Pannavaro Mahathera mengenai Kasih Sayang Ibu ini. Klik tombol play dari player dibawah ini untuk mendengarkan secara langsung atau silakan menggunakan username dan password yang telah diberikan jika anda ingin mendownloadnya.

Ceramah Dhamma Bhante Sri Pannavaro Mahathera ‘Kasih Sayang Ibu (Sebuah renungan)’

[00;26;23]    4,52MB

Download ‘Kasih Sayang Ibu’ Bhante Sri Pannavaro Mahathera” 4,52 MB

Selamat mendengarkan. Semoga kita semua dapat membalas budi orangtua kita terutama Ibu kita masing masing. Semoga anda berbahagia. Sadhu..Sadhu..Sadhu..

Menjawab Tantangan Hidup
March 5, 2014 – 8:50 am | 4 Comments
Menjawab Tantangan Hidup

Menjawab Tantangan Hidup. oleh: dr. Ratna Surya Widya.   Maret 2014
Semua manusia mempunyai tantangan hidup yang harus dijawab. Tantangan hidup ber beda-beda antar manusia. Waktu yang berbeda pun akan menimbulkan tantangan hidup yang berbeda …

Seputar Tahun Imlek, Shio dan Peruntungan
February 10, 2014 – 11:33 am | No Comment
Seputar Tahun Imlek, Shio dan Peruntungan

Seputar Tahun Imlek, Shio dan Peruntungan oleh Budiyono Tantrayoga (Suhu Tan)
Selamat tahun baru Imlek 2014. Romo Budiyono Tantrayoga mengawali tahun baru Imlek 2014 dengan memberikan ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharma Sukha seputar tahun imlek, …

Perenungan Terhadap Dhamma
January 28, 2014 – 6:47 pm | No Comment
Perenungan Terhadap Dhamma

Perenungan Terhadap Dhamma oleh: dr. Ratna Surya Widya
Dalam Dhammanussati atau perenungan terhadap Dhamma, kita bisa menemukan 6 karakter dari Dhamma. Demikian yang dibabarkan oleh romo pandita dr. Ratna Surya Widya dalam ceramah Dhamma di Vihara …

Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan
January 15, 2014 – 11:18 am | 5 Comments
Membantu Orang Tua Menghadapi Kehidupan

Membantu Orang Tua Menghadapi kehidupan. Oleh: Rudy Arijanto
Apakah yang dimaksud dengan membantu orang tua menghadapi kehidupan dalam ceramah Dhamma kali ini? bukankah Membantu orang tua kita dalam menghadapi kehidupan merupakan hal yang sudah jelas …

Buddhism adalah Mentransformasi
November 29, 2013 – 11:49 pm | No Comment
Buddhism adalah Mentransformasi

Buddhism adalah Mentransformasi  oleh Bhante Dr. Sumana Siri
Buddhism adalah mentransformasi dalam pengertian Agama Buddha bukalah sekedar ajaran atau hanya memberikan informasi tetapi mentransformasi atau membawa perubahan tentunya ke arah kebaikan. Demikian dikatakan oleh Bhante …

Jinapanjara Paritta
October 20, 2013 – 9:20 pm | 11 Comments
Jinapanjara Paritta

Jinapanjara Paritta
Jinapanjara merupakan satu paritta pali yang keras. Jika di Mahayana kita kenal mantra Maha karuna Dharani yang juga keras. maka di Theravada kita kenal Jinapanjara.
Paritta Jinapanjara di Thailand di lantunkan untuk “blessing” amulet, juga …

Seputar Upacara kematian Dalam Tradisi Tionghoa
September 30, 2013 – 7:40 pm | 2 Comments
Seputar Upacara kematian Dalam Tradisi Tionghoa

Seputar Upacara Kematian dalam Tradisi Tionghoa. Oleh: Rudy Arijanto
Sampai beberapa puluh tahun lampau, rasanya masyarakat umum hanya mengenal agama Buddha selain lewat kelenteng juga lewat upacara upacara kematian saat seorang Tionghoa meninggal dunia. Di …

Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani
August 29, 2013 – 3:43 pm | 11 Comments
Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani

Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani  Oleh: Bhante Sri Pannavaro Mahathera
Sangat penting buat kita untuk mampu menata pikiran perasaan dan jasmani kita baik dalam senang maupun dalam susah. Bagaimana hubungan antara pikiran, perasaan dan jasmani …

Kebenaran Tunggal Dalam Agama Buddha
August 9, 2013 – 4:04 pm | 4 Comments
Kebenaran Tunggal Dalam Agama Buddha

Kebenaran Tunggal Dalam agama Buddha  oleh: Cunda J. Supandi
Apa yang dimaksud oleh Romo Cunda J. Supandi sebagai kebenaran tunggal dalam agama Buddha? Apakah sama dengan pengertian kebenaran tunggal dalam agama yang lain?
Romo Cunda J. …

Syarat Bahagia Duniawi
July 31, 2013 – 8:00 am | No Comment
Syarat Bahagia Duniawi

Syarat Bahagia Duniawi.  Oleh: Tan Chau Ming
Kita semua tentu mencari bahagia. Agak susah untuk menentukan apa itu definisi bahagia yang bisa memenuhi semua orang, karena setiap orang punya definisi tertentu tentang bahagia.
Bapak Tan Chau …

Bersiaplah Untuk Meminta Maaf
July 14, 2013 – 9:37 pm | 2 Comments
Bersiaplah Untuk Meminta Maaf

Bersiaplah untuk Meminta Maaf. Oleh: Bhante Kamsai
Betapa kita sering mengalami peristiwa salah paham di antara teman, keluarga, organisasi. Kala terjadi ke salah pahaman apakah kita cukup berbesar hati bersiap untuk meminta maaf?
Mengapa terjadi salah …

Pikiran dan Kesadaran
June 11, 2013 – 12:51 pm | No Comment
Pikiran dan Kesadaran

Pikiran dan Kesadaran. oleh: Dr. Krishnanda W.Mukti
Pikiran dan Kesadaran apa bedanya? Buddhisme menempatkan pikiran sebagai sesuatu yang sangat penting dan vital. Semua hasil perbuatan ditentukan oleh pikiran sebagai pencetusnya.
Pikiran buruk akan menghasilkan perbuatan buruk …

Dewa Bumi dan Kepercayaan Tionghoa
April 22, 2013 – 10:51 am | No Comment
Dewa Bumi dan Kepercayaan Tionghoa

Dewa Bumi dan Kepercayaan Tionghoa.  Oleh: Rudy Arijanto
Dewa Bumi dalam kepercayaan umat Buddha Tionghoa mempunyai tempat tersendiri. Dewa Bumi dikenal dengan nama Du Ti Gong ( Tu Thi Kung) maupun Hock Tek Tjeng Sin.
Apa perbedaan …

Dimana Bahagia
April 3, 2013 – 8:05 am | 14 Comments
Dimana Bahagia

Dimana Bahagia.  Ceramah Dhamma oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera
Semua orang ingin bahagia. semua orang mencari cari dimana bahagia. Apa sebenarnya bahagia itu? Bhante Sri Pannavaro Mahathera mengatakan kita tidak perlu mencari dimana bahagia.
Kita akan …

Renungan Kebajikan
March 30, 2013 – 6:56 am | 4 Comments
Renungan Kebajikan

Renungan Kebajikan, Oleh : Bhante Kamsai
Renungan kebajikan yang diberikan oleh Bhante Kamsai seperti biasa menyangkut kehidupan sehari-hari kita. Perbuatan positif harus direnungi dengan kebijaksanaan. Contoh ekstrim nya adalah sifat ‘rajin’ adalah suatu hal yang …

Mencapai Tujuan Hidup
March 14, 2013 – 5:58 am | 3 Comments
Mencapai Tujuan Hidup

Mencapai Tujuan Hidup. Oleh: Suhu Xian Xing
Mencapai tujuan hidup adalah tujuan dari setiap insan. Meskipun tujuan hidup manusia berbeda-beda namun secara spiritual Buddhis, suhu Xian Xing membagi tujuan itu dalam 3 bagian besar berdasarkan …

Lima Elemen dan Kesempurnaan Hoki
February 19, 2013 – 8:54 pm | One Comment
Lima Elemen dan Kesempurnaan Hoki

Lima Elemen dan Kesempurnaan Hoki  oleh: Budiyono Tantrayoga
Apa hubungan nya antara lima elemen dengan kesempurnaan hoki anda? apa itu lima elemen? Bagaimana itu bisa dikaitkan dengan hoki anda?
Lima elemen dikenal dalam kebudayaan China atau dalam …

Hikayat Tradisi Tionghoa
February 1, 2013 – 10:18 am | 2 Comments
Hikayat Tradisi Tionghoa

Hikayat Tradisi Tionghoa, Oleh; Rudy Arijanto
Umat Buddha di Indonesia di dominasi oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Sampai beberapa waktu yang lampau kesan yang ada adalah kalau Tionghoa maka Buddhis, Kalau Buddhis maka Tionghoa. Kesan yang …