Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » dr. Ratna Surya Widya

Pilihan Hidup

Submitted by Untung on March 15, 2010 – 4:55 pm3 Comments

Pilihan HidupUmat Buddha selalu mempunyai pilihan. Bukan saja pilihan dalam hidup ini namun juga menyangkut pilihan kemana anda ingin terlahir kembali. Konsep Buddhisme tidak mengenal adanya satu kekuatan diluar perbuatan seseorang yang bisa menentukan kemana seseorang akan terlahir kembali. Perbuatan diri sendiri yang akan menentukan kemana akan pergi dan menjadi apa.

Sebagai seorang umat Buddha tentu berharap suatu saat akan mencapai Nibbana. Entah lewat jalan Arahat bagi pengikut tradisi Theravada maupun lewat jalur Bodhisatva dan Samma Sambuddha bagi pengikut Mahayana.

Untuk mencapai kesucian Arahat,  tentulah harus lewat jalur meditasi Vipassana baik langsung maupun lewat pencapaian Jhana terlebih dahulu. Silahkan pilih mana yang lebih cocok untuk anda. Hanya saja menurut Dr Ratna Surya Widya ada satu hal yang patut diingat saat berlatih Vipassana.  Dr. Ratna Surya Widya dalam postingan ceramah kali ini mengingatkan pentingnya adanya persiapan terlebih dahulu sebelum berlatih Vipassana.

Sesungguhnya berlatih Vipassana tidaklah se-seram yang diperkirakan, dengan catatan latihan harus dilakukan dibawah bimbingan seorang guru meditasi Vipassana. Tanpa bimbingan guru, meditasi Vipassana lebih mirip rimba belantara yang cukup mempunyai resiko. Jika beruntung tidak diterkam binatang buas, maka setidaknya akan berputar-putar tanpa arah yang jelas. Dengan Bimbingan seorang guru yang berkemampuan maka berlatih Vipassana dapat berjalan dengan tanpa resiko salah arah.

Dr. Ratna Surya Widya memberikan ceramah mengenai pilihan hidup yang bisa kita  jalankan terutama latihan meditasi yang seharusnya menjadi praktek sehari-hari seorang umat Buddha. Silahkan klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan langsung secara Online.

(0:48:36] 8.34 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Pilihan Hidup 8.34 MB

Hal-hal yang bisa didengarkan antara lain :

  • Meditasi Vipassana dan Samatha
  • Efek meditasi Vipassana
  • Resiko meditasi
  • Tujuan akhir umat Buddha
  • Apa yang terjadi pada tubuh saat bermeditasi yang mengakibatkan penyakit bisa sembuh.
  • Meditasi apa yang cocok untuk pemula
  • Dhamma Moment
  • Apakah harus membaca paritta sebelum bermeditasi?
  • Berdana organ tubuh apa yang paling mudah dan tidak mempunyai resiko sakit.

Selamat mendengarkan. Semoga membawa manfaat untuk Anda. Semoga anda berbahagia. Salam Sejahtera.

3 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image