Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » dr. Ratna Surya Widya

Pertolongan Dewa Dewi

Submitted by Untung on October 12, 2016 – 10:24 am2 Comments

Pertolongan dewa DewiCeramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016

Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.

Dalam ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharmasukha, Romo dr. Ratna Surya Widya menceritakan tentang hal ini. Sebagai contoh di ceritakan bagaimana seorang dewi karena berbuat salah lalu diusir oleh Anathapindika. Dewi tersebut kemudian memberikan pertolongan kepada Anathapindika dengan tujuan agar Anathapindika memaafkan dewi tersebut dan mengijinkan dia kembali menempati tempat di pintu gerbang ke empat dari rumah Anathapindika. Anathapindika dapat mengusir dewi tersebut karena Anathapindika adalah seorang pemasuk arus (seorang Sotapanna), sedangkan dewi tersebut belum mencapai tingkat kesucian.

Bagaimana kita sebagai manusia biasa bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi? Caranya adalah dengan ‘mengambil hati’ atau istilah Romo dr. Ratna Surya Widya ‘menyogok’ dewa dewi. Menyogok bukan dengan cara persembahan makanan dan minuman. Namun dengan sering membacakan paritta.

Paritta yang berisi khotbah khotbah Buddha jika kita bacakan dan di dengar oleh dewa dewi maka mereka akan senang. Jika kita mempunyai prilaku atau sila yang baik maka dewa dewi itu bisa menolong kita.

Jadi jika kita ingin mendapatkan pertolongan dewa dewi maka kita harus sering membaca paritta dan menjalankan sila (kemoralan) yang baik. Membaca paritta harus sesering mungkin karena kita tidak tahu kapan ada dewa dewi yang mendengarkan kita membaca paritta.

Namun perlu di mengerti, meskipun banyak dewa dewi mempunyai kesaktian namun mereka belum tentu sudah mencapai tingkat kesucian, jadi mereka masih memiliki kebodohan batin.

Paritta apa saja yang perlu kita bacakan? Silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Dhamma dari Romo dr. Ratna Surya Widya atau mengunduhnya jika diperlukan. Dalam ceramah Dhamma mengenai pertolongan dewa dewi ini, Romo dr. Ratna Surya Widya juga menjawab pertanyaan pertanyaan dari umat.

Ceramah Dhamma Romo dr. Ratna Surya Widya ‘Pertolongan Dewa Dewi’


Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma ‘Pertolongan Dewa Dewi’ Dr. Ratna Surya Widya 10.3 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma ‘Pertolongan Dewa Dewi’ Dr. Ratna Surya Widya 10.3 MB

Selamat mendengarkan. Semoga bisa menambah wawasan kebijaksanaan anda. Semoga semua makhluk berbahagia, Sadhu…Sadhu…Sadhu..

2 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image