Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » dr. Ratna Surya Widya

Bagaimana Agar Lahir di Sorga

Submitted by Untung on December 16, 2010 – 12:31 pmNo Comment

Bagaimana Bisa Lahir di SorgaDear Kalyanamitta,

Walaupun tujuan terakhir umat Buddha adalah pencapaian keadaan Nibbana, namun untuk dapat terlahir di sorga merupakan dambaan kita sebagai umat awam. Maka tidak aneh jika semua agama akan mengajarkan umatnya untuk bagaimana agar bisa lahir di Sorga.

Dalam Buddhism, yang dimaksud sorga adalah semua alam yang mempunyai kondisi lebih membahagiakan dibandingkan dengan alam manusia. Jika dikatakan semua alam maka artinya sorga dalam Buddhism lebih dari satu. Penghuni sorga dikenal sebagai Dewa/Dewi atau Brahma pada tingkatan alam yang lebih tinggi.

Sorga dalam Buddhism juga bukan merupakan alam abadi setelah kematian. Makhluk yang lahir di Sorga jika karma baiknya habis maka makhluk tersebut akan terlahir kembali ke alam lain. Sama seperti alam neraka yang juga bukan alam abadi setelah kematian. Buddhism mempunyai paham bahwa makhluk yang terlahir di alam surga dan neraka dapat ‘mati’ dan terlahir kembali di alam manusia. Walaupun jangka waktu kehidupan di alam Neraka dan Sorga dapat mencapai ribuan tahun, sangat lama jika dibandingkan di alam manusia yang hanya-kira-kira seratus tahun.

Dr Ratna Surya Widya dalam ceramah Dhammanya yang bertema bagaimana agar lahir di Sorga membabarkan bahwa dalam konsep Buddhism tidaklah terlalu sulit untuk seseorang bisa lahir di alam sorga walaupun memang tidak juga mudah-mudah amat.

Buddhism tidak mengenal konsep hanya kepercayaan tertentu yang bisa terlahir di alam dewa tersebut karena syarat agar lahir di sorga tidak mengenal agama/kepercayaan tertentu. Kasarnya, seorang ‘atheis’ pun tetap mempunyai kondisi yang sama untuk bisa lahir di sorga.

Lalu kalau begitu, bagaimana agar bisa lahir di sorga? silakan kalyanamitta menyimak ceramah Dhamma Dr. Ratna Surya Widya dibawah ini dengan mengklik tombol play atau jika kalyanamitta sudah menjadi member ceramahdhamma.com silakan download dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan.

Ceramah Dhamma Dr. Ratna Surya Widya ‘Bagaimana Agar Lahir di Sorga’

[0:45:41] 7.84 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Bagaimana Agar Lahir di Sorga’ 7.84 MB

Semoga kalyanamitta berbahagia dan bisa terlahir di Sorga (kalau mau). Salam Sejahtera.

related post : 31 alam kehidupan

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image