Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Rudy Arijanto

Chio Thau

Submitted by Untung on June 7, 2010 – 3:54 pmOne Comment

Perkawinan Tradisi Chio Thau Chio Thau dikenal sebagai acara perkawinan traditional dari warga keturunan Tionghoa. Harian Kompas pada tanggal 30 Mei 2010 dalam rubrik beberapa halaman tentang kebudayaan komunitas Tionghoa “CHINA BENTENG” Tangerang menulis tentang Chio Thau yang nyaris punah.

Agama Buddha tidak mempunyai paham bahwa menikah adalah suatu keharusan. Meskipun tidak juga menganjurkan umat awam untuk selibat karena dalam Sigalovadda Sutta, Buddha pun memberikan sebuah rumusan tentang 4 syarat sebuah perkawinan dikatakan sebagai perkawinan Dewa-Dewi.

Ke empat syarat tersebut suami istri hendaklah sebanding keyakinannya ( Samma Sadha), sebanding kedermawanannya ( Samma Caga ), sebanding tata-susilanya ( Samma Sila) dan sebanding kebijaksanannya ( Samma-Panna). Sebanding disini tentu saja dalam pengertian dari sisi positip/ yang baik.

Kembali pada tradisi Chio Thau, Bapak Rudy Arijanto yang sering berhubungan dekat dengan komunitas Buddhis Tangerang mengulas tentang simbol-simbol dalam upacara perkawinan traditional Chio Thau yang sarat dengan makna positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan berkeluarga.

Makna dari simbol-simbol tersebut pantas menjadi bahan renungan bagi anda yang sudah berkeluarga maupun yang merencanakan ingin berkeluarga.

Silakan mengklik tombol play dibawah ini untuk langsung mendengarkan online. Bisa juga mendownload file Mp3 jika ingin didengarkan di tempat lain. ( diperlukan username dan password untuk mendownload, lihat FAQ )

Ceramah Dhamma tentang Chio Thau

(1:12:04]      12.3 MB

Download Mp3 Ceramah Chio Thau 12.3 MB

Selamat mendengarkan semoga membawa manfaat buat anda sekalian.

Salam Metta.

One Comment »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image