Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cunda J Supandi

Rahasia Tuhan

Submitted by Untung on July 18, 2010 – 8:38 pmNo Comment

Rahasia TuhanDear Kalyana Mita yang Budiman,

Jika seorang kawan menawarkan untuk memberitahukan rahasia Tuhan kepada Anda, apakah anda mau menerimanya? Apakah Buddhism mengenal rahasia Tuhan?

Kata Rahasia Tuhan agak kontradiktif sebenarnya. Karena jika itu adalah rahasia apalagi rahasia nya Tuhan, mengapa seseorang berani untuk membukanya? Sebuah rahasia apapun rahasianya seharusnya tidaklah boleh dibuka.

Menurut hemat saya, hal ini sebenarnya adalah suatu taktik agar orang mau mendengarkannya. Karena sudah jadi sifat kita semua untuk penasaran terhadap hal-hal yang ditutup-tutupi. Jika sudah terbuka maka sudah tidak seru lagi.

Masih ingatkah anda saat sebuah buku atau majalah dilarang terbit maka berbondong-bondong orang malah mencarinya. Ingin tahu apa sih yang dilarang itu. Atau jika sebuah website tiba-tiba dilarang nongol maka ramai-ramai orang mencari “cache” nya.

Para pemirsa televisi ramai-ramai melotot didepan televisi menyaksikan tayangan infotainment yang menceritakan “Rahasia” kehidupan selebriti pujaan mereka.

Hal ini menurut saya berlaku juga dengan sebuah ajaran yang di “rahasia” kan. Hal itu lebih menjurus pada taktik penyebaran ajaran dibandingkan isi dari “Rahasia” ajaran tersebut.

Buddhism yang real tidaklah ada satupun yang dirahasiakan. Karena biasanya rahasia mengandung unsur keburukan (oleh sebab itu dirahasiakan) atau mengandung unsur bahaya dan keamanan (Seperti rahasia negara), atau rahasia sekedar akal-akalan gaya marketing penyebaran ajaran seperti cerita diatas. Real Buddhism tidak mempunyai kriteria seperti itu sehingga tidak ada yang patut untuk dirahasiakan.

Romo Cunda mengatakan dalam ceramah Dhammanya dengan topik Rahasia Tuhan bahwa ada tiga hal yang selalu terbuka di dunia ini yaitu Bulan, Matahari dan Buddha Dhamma.

Ceramah dibawakan dalam rangka kebaktian Minggu pagi Vihara Pluit Dharma Sukha Jakarta. Silakan Kalyana Mita mendengarkan dengan mengklik tombol play dibawah ini.

CERAMAH DHAMMA “RAHASIA TUHAN”

[01:23:22] 14.3 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Rahasia Tuhan 14.3 MB

Semoga ceramah ini dapat menambah wawasan berpikir kita dan menambah kebijaksanaan kita dalam mengarungi lautan samsara kehidupan ini. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image