Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » dr. Krishnanda W. Mukti

Buddha Menjanjikan Keselamatan

Submitted by Untung on July 13, 2012 – 9:04 pm2 Comments

Buddha Menjanjikan KeselamatanBuddha Menjanjikan Keselamatan. Oleh: Dr. Krishnanda W. Mukti

Buddha menjanjikan keselamatan? Kata Siapa? mungkin itu kata yang terlontar oleh seorang umat Buddha saat dikatakan Buddha menjanjikan keselamatan.

Sudah umum bagi umat Buddha untuk berpendapat bahwa Buddha tidak pernah menjanjikan apa-apa kepada umatnya. Apa benar demikian? atau umat Buddha yang salah persepsi? atau bagaimana?

Dr. Krishnanda W. Mukti sebagai seorang dokter yang juga sebagai pendidik, seringkali dalam ceramah ceramah beliau memberikan penjelasan penjelasan terhadap persepsi persepsi yang ada di kalangan umat Buddha. Persepsi persepsi yang dianggap keliru oleh beliau. Waktu lampau, yang paling sering beliau kemukakan, adalah kata ‘Sang’ di depan kata Buddha. Beliau tidak setuju pemakaian kata ‘Sang’ tersebut dan beliau konsisten dengan pendapatnya. Tidak pernah dalam ceramahnya beliau menyebut kata Sang Buddha, tetapi cukup dengan Buddha.

Demikian juga dalam ceramahnya ini Dr. Krishnanda W. Mukti memberikan penjelasan bahwa Buddha Menjanjikan Keselamatan dan Buddha menjanjikan perubahan ke arah kebaikan untuk umatnya.

Dalam awal ceramahnya, Dr Krishnanda W. Mukti menyinggung tentang pendidikan Buddhis. Pendidikan sangat penting dalam Buddhisme dan Buddha pun mengatakan bahwa orang yang tidak ingin belajar diibaratkan menjadi tua seperti sapi jantan. Tetapi mengapa pendidikan Buddhis  formal yang harusnya penting sampai sekarang tidak ada satupun yang menonjol?

Selain mengenai Buddha menjanjikan keselamatan, Dr. Krishnanda W. Mukti juga menjelaskan bahwa persepsi hukum karma sebagai hukum pembalasan ,  perlu diluruskan karena salah.  Pengertian yang salah tentang semua orang tidak dapat lari dari buah karma menyebabkan timbulnya asumsi agama Buddha tidak mengenal maaf dan pengampunan terhadap perbuatan buruk yang telah dilakukan. Apakah benar begitu? Apakah ada pengampunan dosa dalam agama Buddha.

Bagaimana Dr. Krishnanda W Mukti menjelaskan hal tersebut diatas? Silakan anda mendengarkan secara langsung. Klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan secara streaming. Jika anda lebih suka mendownloadnya terlebih dahulu silakan gunakan username dan password yang sudah diberikan kepada setiap anggota ceramahdhamma.com

[01:16:04]   13.5 MB

Download Buddha Menjanjikan Keselamatan 13.5 MB

Selamat mendengarkan. Semoga bermanfaat dan menambah kebijaksanaan anda. Semoga anda berbahagia.

2 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image