Home » Tentang Kami

Tentang Kami

Namo Buddhaya,

Sepanjang pengetahuan kami, inilah web pertama di Indonesia yang khusus menampilkan ceramah Dhamma yang bisa didengarkan secara online . Web ini tidak berada di bawah naungan majelis atau vihara manapun. Jadi ceramah yang ditampilkan tidak mencerminkan kecenderungan terhadap salah satu aliran tertentu.

Kami akan menampilkan ceramah Dhamma dari berbagai aliran, kecuali ceramah dari aliran yang TIDAK diakui oleh World Buddhist Council. Hal ini hanya sekedar kebijaksanaan. Tidak ada tendensi apapun dibalik ketentuan tersebut.

Ceramah Dhamma yang di streaming dalam Web ini umumnya merupakan pembabaran Dhamma yang diadakan pada saat kebaktian umum maupun kebaktian khusus di Vihara Pluit Dharma Sukha, Jakarta.
Meskipun demikian seperti dikatakan diatas, Website ini tidak berada di bawah naungan Vihara manapun termasuk Vihara Pluit Dharma Sukha (VPDS). Website ini menjadi tanggung jawab pribadi. Sehingga tidak tertutup kemungkinan website ini juga menampilkan khotbah Dhamma dari sumber yang lain.

Dalam beberapa kesempatan, akan di tampilkan  juga ceramah Dhamma anggota Sangha dari luar negeri yang diundang ceramah di VPDS.

Untuk dapat mendengarkan Ceramah Dhamma secara Online disini. Silahkan double klik tombol ‘play’. Audio play dilakukan secara streaming. Jika hubungan terputus-putus karena terbatasnya bandwidth internet, silahkan pause dan tunggu beberapa saat sampai file cukup untuk memulai play kembali. Jangan melakukan pause pada beberapa streaming sekaligus kecuali jika bandwidth internet anda cukup besar. Jika streaming file sudah selesai, anda dapat mendengarkan ceramah tanpa perlu terhubung ke internet kecuali jika anda menutup browser anda atau pindah halaman lain maupun postingan lain.

Untuk bisa mendownload file Mp3 ceramah dhamma , diperlukan user name dan password. Untuk mendapatkannya anda harus menjadi member (gratis) dengan mengisi form yang ada di sebelah kanan atas di setiap halaman web ini.

Anda dipersilahkan untuk memberikan komentar mengenai website ini pada halaman ini. Kami juga menghargai anda jika mau menulis komentar di masing-masing postingan. Kami akan berfungsi sebagai moderator terhadap komentar untuk menghindari polemik berkepanjangan yang mungkin terjadi atas isi postingan. Setiap komentar akan membutuhkan persetujuan moderator sebelum ditampilkan.

Sebagai selingan kami juga menampilkan lagu-lagu Buddhis yang bisa anda dengarkan Online. Semoga bisa menemani anda semua dalam bekerja.

Mari kita mengambil apa yang positif dari setiap Dhamma yang dibabarkan oleh penceramah dari masing-masing aliran. Bukan untuk diperdebatkan tetapi diiringi oleh harapan luhur, Semoga dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan Dhamma kebijaksanaan kita juga akan bertambah.

Kami mengucapkan Terima kasih kepada Ketua Yayasan Saha Dharma Jaya Bapak Siwie Honoris, ketua Vihara Pluit Dharma Sukha Bapak Mediarto Prawiro, Ketua Seksi Penceramah Bapak Tan Chao Ming serta seluruh pengurus VPDS yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu atas bantuan serta dukungan nya selama ini.

Tak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada semua Bhikkhu & Bhikkhuni anggota Sangha, Romo Pandita, para penceramah, pencipta lagu yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu, yang dengan ketulusan hati memberikan ijin baik langsung maupun tidak langsung sehingga Khotbah Dhamma dan lagu nya dapat di posting di website Ceramah Dhamma ini.

Semoga anda bisa mendapatkan manfaat dari ceramah-ceramah yang kami tampilkan disini.

Semoga semua mahluk berhenti menderita dan pada saatnya mencapai Nibbana. Sadhu Sadhu Sadhu.

Mettacittena,

www.ceramahdhamma.com

61 Comments »

  • Harijono says:

    Anumodana atas ceramah dhamma online ini,saya mendapat banyak dari sini
    Saya usul untuk memasukkan ceramah dari bapak Selamat Rodjali juga,karena ceramah dhamma beliau sangat menarik sekali.Atas perhatiannya saya ucapkan anumodana
    Sukhi Hotu..

    • Untung says:

      Terima kasih atas usulnya. Saya belum punya ceramah beliau yang cocok untuk ceramahdhamma.com. Beliau biasanya ceramah dgn topik Abhidhamma praktis dengan durasi lebih dari 2 jam, itupun harus audio visual agar lebih jelas. Jadi menurut hemat saya ceramah beliau lebih cocok dimasukkan ke Youtube. Namun jika nanti saya menemukan ada ceramah beliau yang cocok dengan ceramah dhamma.com akan saya masukkan.

  • kris says:

    Namo Buddhaya …

    ini web ” COOL ”

    ide nya pas banged di zaman serba internet hehe

    boleh ga request pembabaran ceramah Bhante Uttamo , Bhante Jutaliko

    kangen juga dengar ceramah (eks)Bhante Vijito

    lebih berharap lagi ceramah Cornelis wowor + Bhante Pannavaro di

    perbanyak .. hehehe

    Beliau – beliau klo memberikan ceramah , TOP + mudah di cerna

    - Anumodana -

    kris – tangerang

  • Candra says:

    Mohon izinnya!
    Saya ingin mendownload bbrp ceramah dan akan saya burn jadi CD/DVD.
    Rencanaya CD/DVD ceramah ini akan saya bagikan gratis untuk umat Buddha. Saya ingin menanyakan kesediaannya apakah diizinkan?

  • lenny chandrawati says:

    Bagaimana cara mendengarkan ceramah lewat samsung tab? Karna sy tdk dpt mendownlodnya.. klu hanya mendengarkan tanpa mendownlod bgmn caranya? Karna klu di komputer tdk masalah karna bisa masukkan password, tp lewat tab knp tidak bisa?? Mohon bantuannya, terimakasih

    • Untung says:

      Untuk mendengarkan saja tidak perlu memasukkan password. Cukup men tab tombol play di playernya ( tanda segitiga)
      Setiap ceramah ada playernya, pas diatas tulisan download ceramah.
      Untuk mendownload dari samsung tab belum saya coba. Saya akan informasikan kembali.(saya tdk memiliki Samsung tab) Atau jika ada member lain yang sudah tau caranya tolong di share.
      Terima kasih.

      • Felicity says:

        Dear Ceramah Dhamma,

        Selamat pagi pak Untung dan dear dhamma friend Nammobudaya.

        Mohon izin share kepada ibu Lenny Chandrawati terkait pemakaian samsung tablet. Kebetulan saya memiliki tablet Samsung galaxy SIII. Awalnya saat mengklik tanda play 1x untuk hanya mendengarkan ceramah bhante memang tidak berhasil. Namun setelah klik 2x dan menyala lampu hijau di tanda play tersebut selang beberapa detik langsung bisa online. Kemudian sampai akhir ceramah bhante tidak ada masalah.

        Jika saya boleh menjelaskan lebih lanjut, saat mau mendownload setelah klik download mp3 dan masukan username dan password otomatis ditabletnya memunculkan opsi speaker audio atau browser. Dan sy pilih speaker audio kemudian langsung ke halaman download tersebut tetapi failed karena tipe speaker audio tablet Samsung tidak kompatibel dengan jenis speaker audio di mp3 download tersebut. Sehingga saya pun juga gagal mendownload walaupun sudah dicoba beberapa kali. Demikian info dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan.

        Best, Felly

  • fuliong says:

    namo buddhaya untuk yang bikin website ini..sangat berarti dan bermanfaat sx,,semoga anda bahagia dan dapat terlahir di surga sukhavati dan menjadi buddha,,, karna nilai dhamma yang di share kan ke web site ini tak terhingga apa adanya,,,
    (-_-)
    _/\_ saddhu,,,saddhu,,,saddhu…

  • merry says:

    Namo Buddhaya, sy sdh daftar tp belum dapat konf email mengenai passwordnya buat download ceramah, mohon bantuannya, anumodana…,

    • Untung says:

      Dear Bu Merry,

      Mohon maaf, sampai saat ini kami belum menemukan alamat email merry_go******at yahoo dot com dalam database kami.
      Artinya Bu Merry belum terdaftar. Mungkin terjadi kesalahan saat mendaftar
      silakan mendaftar ulang. Jika masih bermasalah mohon email ke kami atau kontak kami.
      Terima kasih.

  • AswinSugandaHarriman says:

    I did sent my comment, thanks
    Aswin

  • AswinSugandaHarriman says:

    Pak Untung,
    Apakah anda punya ceramah dalam bahasa Inggeris dari para Bhante Pannvaro, Romo Pandita Endro, pak Wowor, atau lain2 dalam bahasa agar saya bisa sharing dengan teman2 yang berbahsa Inggeris di Canada ?
    Aswin Vancouver, BC., Canada

    • Untung says:

      Pak Aswin,
      Kami tidak memiliki ceramah yang bapak maksud. Tetapi saran saya untuk teman teman bapak yang berbahasa Inggris, mereka bisa mendengarkan ceramah Dhamma dari Ajahn Brahm. Bhikkhu asal Inggris yang sekarang menetap di Australia. Ceramah Beliau pasti menarik untuk teman teman bapak. ceramahnya bisa didengarkan dalam bentuk video di Youtube. gunakan keyword/kata kunci Ajahn brahm untuk mencarinya. Video ceramah beliau banyak sekali di You tube.

  • Kelvin says:

    Namo Buddhaya, Pak Untung,,
    apakah Pak Untung ada audio ceramah dari Mingyur Rinpoche? Terima kasih_/\_

  • ng weng heng says:

    saya suka ini setelah baca diatas,sudah betul apa yg mengerti dgn ” buddha” buddha sangat terbuka tdk ada perbedaan sesama ,tdk memandang rendah org lain .

  • Ira Zeng says:

    saya sangat senang ada website seperti ini yang memudahkan saya mendapatkan bahan2 ceramah yang menarik.
    bravo & tons of thanks kepada tim ceramahdhamma.com
    smoga web ini tetap exist dan berkembang.

    namo buddhaya! :)

  • hendra says:

    salam kenal
    terima kasih dpt bergabung dgn ceramah dhamma online,saya sudah dpt password dan username,dan dapat mendownload ceramah-ceramah dari ceramah dhamma online.

    salam dhamma Nammo budhaya

  • Junaedi says:

    Namo Buddhaya Pak Untung

    Sebelumnya saya mau ucapkan terima kasih, karena berkat adanya website ini saya bisa dengarkan ceramah Dhamma. Saya ada niat untuk memperbanyak ceramah ini (copy ke CD) dan akan saya bagikan ke umat, itu diperkenankan Pak? Terima kasih.

    • Untung says:

      Namo Buddhaya Pak Junaedi.

      Silakan saja pak, Sepanjang CD itu dibagikan secara gratis ( tidak diperdagangkan). Mohon bantuannya juga untuk mencantumkan www,ceramahdhamma.com di keping CD sebagai sumber rekaman. Anumodana.

  • kiki says:

    salam namo budhaya,

    pak Untung aku ucapkan terima kasih, email udah dijawab semua permintaan, cuma aku download paritta berhasil, tapi di putar gx ada voicenya…nihil.. mohon yah pak Untung info terbaiknya.. terima kasih

    namo buddhaya,

    kiki

    • Untung says:

      Namo Buddhaya Pak Kiki,

      Bisa email hasil download pak Kiki yang tidak ada voicenya itu lewat attachment email ke saya?
      Apakah semua paritta atau hanya salah satunya? jika semuanya seperti itu, cukup pilih salah satu yang terpendek saja.
      salam metta,

  • subagio sugianto says:

    hai ko untung udah cukup lama nih saya tidak dapat kiriman email, apa emang distop atau somthing else …hampir 3 bln tidak ada kabar di yahoo saya . ok trim infonya

    • Untung says:

      Thanks buat perhatiannya. Memang sudah 3 bulan waktu mepet terus. Saat ini hanya mempertahankan agar bisa posting satu ceramah tiap minggu. itupun luput saat minggu terakhir bulan Maret kemarin. Maaf.

      Mudah-mudahan kedepannya bisa kembali mengirimkan email untuk teman-teman semua. Salam Metta,

  • Hoey Beng says:

    Dear Ko Untung,
    Web ceramah online nya bagus.Semoga tambah banyak koleksinya.Anumodana

  • waktu download tidak bisa, apanya yang salah; rasanya dalam penulisan password sudah benar.

    • Untung says:

      Dear Pak Hartono,
      Jika penulisan mana huruf besar, huruf kecil dan tdk pernah ada spasi di username serta penulisan password sudah benar maka jika masih gagal dalam mendownload kemungkinannya adalah jaringan internet saat itu antara ISP Pak Hartono dengan server kami mengalami gangguan. Silakan dicoba waktu lain. Terima kasih.

  • Handy says:

    Namo Buddhaya,
    Mohon untuk menampilkan biografi dari masing-masing penceramah.
    Agar pendengar dapat mengenal lebih jauh.
    Terima kasih.
    Handy

  • lalan says:

    Sy sdh daftar utk jadi member anggota 05 Desember 2010.tapi sampai sekarang 08Desember 2010.Email konfirmasi user n password belum terima.Mohon dibantu baik difolder inbox/spam.Mohon dibantu.
    Terima kasih

    Salam Metta,
    Lalan.

    • Untung says:

      Dear Lalan,
      sampa sekarang saya melihat di sistim email Lalan belum terdaftar. Apakah sudah melakukan klik konfirmasi pada email konmfirmasi yang kami kirimkan? Sebelum melakukan konfirmasi pendaftaran lewat mengklik email konfirmasi kami. Sistim belum dapat mengirimkan username dan password. silakan periksa inbox email Lalan untuk mencari email konfirmasi tersebut.Terima kasih.

  • johan3000 says:

    Bp Untung,

    Terima kasih banyak dgn adanya website sejenis ini yg sangat bermanfaat dan merupkan site favorite saya.

    IMHO, beberapa hal dpt ditingkatkan dalam hal user interface.

    1. username sebaiknya semua lowercase, dan password dpt predefine atau diubah oleh user kemudian hari. Mengingat bila kita akses dari komputer lain. maka password tsb sulit kita ingat.
    2. Login page lebih baik ada pada main page atau pada menu utama.
    3. utk form pendaftaran bisa lebih ringkas dan useable…(input text box yg terakhir gak tau utk isi apa ya ? begitu juga utk sebutan perlu dipikirkan lagi…)
    4. bila ada filter utk pembicara, tgl, jenis,dll utk pengelompokan mp3 akan lebih berguna. contoh mau list ceramah bp Wowor dan Cau Ming aja… dst, dst

    semoga site ini lebih maju lagi di masa mendatang.

    johan3000

    • Untung says:

      Dear Bro Johan,
      1. Username dan password system yang men-set. member tidak bisa mengubah.
      2. Tidak ada login page di ceramahdhamma.com. Bro bisa langsung masuk ke ceramahdhamma.com/contents tanpa perlu login apa-apa.
      3. input text box yg terakhir sudah ditulis jelas untuk email ( alamat email)
      4. Filter pembicara bisa melalui kategory yg ada di sebelah kanan halaman.
      Semoga keterangan diatas jelas. Thanks.

  • Pingchen says:

    Namo Buddhaya,

    Anumodana kepada rekan2 Buddhist di Indonesia atas kerja kerasnya dalam pengembangan Dhamma, hingga kami di luar negeri bisa tetap mengikuti melalui website ini. Topik yang ada di dalam web ceramahdhamma.com sangat bermanfaat.

    Semoga semua makhluk hidup berbahagia.
    sadhu…sadhu…sadhu.

  • anita says:

    Namo Buddhaya….

    Terima kasih Pak Untung ^^
    sekarang saya jadi bisa lebih mudah untuk mendengarkan ceramah Dhamma, karena jam ngajar sekolah minggu berbarengan dengan kebaktian umum vihara jadi agak kesulitan untuk mengikuti ceramah dhamma di kebaktian umum vihara, tapi berkat site ceramah dhamma yang dibuat oleh Pak Untung kapanpun saya jd bisa mendownload dan mendengarkan ceramah dhamma.

    Salam Metta :)

  • andie lee says:

    Good job mr untung, sudah lama ga ada kabarnya, bermanfaat banget nich buat di luar benua asia. he3. uda tau lama cuma baru sempat akses sekarang, clear banget suaranya. well so great. miss u guys :)

  • Salam kepada semua teman teman yang rindu untuk berjuang dalam perbuatan baik dan perjuangan di dalam mengikis perbuatan yang buruk….

    saya pribadi banyak mendapatkan manfaat dari berbagai share
    dari kotbah dhamma …semoga ceramah ini dapat mengubah pikiran kita untuk menjaga kesadaran , kewaspadaan dan berbuat kebaikan bagi semua mahluk tanpa melihat perbedaan .

  • alloy says:

    i would like to know buddhism deeper than i hv known all this time…buddha bless us

  • Sonie halim says:

    Saya mau jadi member, tolong di kirimkan user name dan pass word ke email saya.

    Terima kasih

    • Panna says:

      Namo Buddhaya Sonie,

      Aplikasi member Sonie sedang menunggu klarifikasi dari Sonie. Setelah diklarifikasi, username dan password baru bisa dikirim paling lambat 2 hari kemudian. Untuk klarifikasi silahkan periksa email dari kami di inbox maupun spam folder dengan suject: Sonie halim,please confirm your subcription.
      Silahkan Sonie klik link konfirmasi yang ada dalam email tersebut. Terima kasih.
      salam metta

  • terima kasih atas usen name dan paspportnya..saya senang sekali sehinga lebih dalam lagi pengertian dalam belajar dhamma

  • suhendri says:

    mohon menjadi member

    • Panna says:

      Dear suhendri,

      Silahkan Suhendri mengisi form yang ada di sebelah kanan atas web ini. Selanjutnya ikuti petunjuk halaman web yang akan muncul segera setelah form tersebut telah selesai diisi dan di klik.
      salam metta,

  • liza says:

    wah.. ada web ini bagus sekali.
    meski saya belum register, tapi saya merasa adanya website ini sangat bermanfaat… ada teman saya yang tinggal di Malang, vihara maupun ceramah dhammanya sangat terbatas. alangkah bagus kalau mereka bisa mendengarkan dhamma dari mp3 ini.

  • wans says:

    sabbe satha bhavantu sukhithatha
    salam metta selalu.

    saya sangat interest dengan yg ada dlm web ini, trutama bagi saya yg jarang kebaktian ke wihara.
    smoga isinya smakin berkembang, dan semoga smakin banyak org yg mendapatkan manfaatnya.
    sadhu, sadhu, sadhu.

  • awan says:

    dahsyat..ini baru bagus hehe…

    ayo kerjasama dengan banyak vihara dan sangha untuk bisa banyak isinya lagi..

  • shirley lau says:

    sudah 3 hari pak saya sudah periksa tidak ada
    saya suka kotbahnya bagus bagus untuk di pendengarkan kepada teman teman karena tidak semua punya internet

    thanks,pak udah balas tulisan saya

    • Panna says:

      Dear Shirley Lau,

      Email yang berisi username dan password sudah kami kirimkan. Tolong periksa di folder Junk atau Spam yang di Hotmail. Email kami sering nyangkut disana dan tidak masuk ke inbox Hotmail. Bisa ikuti artikel yang ada disebelah kiri web ini mengenai “Mana email saya ?
      salam metta,

  • shirley lau says:

    kenapa yach saya tidak bisa mendonndload ceramahnya,tapi mendengarkannya bisa,selalu ditanya password,yg dimaksud passwordnya yg mana yach mohon petunjuk

    thanks,mohon petunjuk

  • shirleylau says:

    saya lihat ceramahnya bagus bagus kenapa tidak bisa dwound load padahal e booknya sudah di doundload mohon petunjuk

  • shirleylau says:

    saya ingin sekali mendowndload cerama darmma gimana caranya

    • Panna says:

      Namo Buddhaya Shirley,

      Nanti akan dikirimi username dan password untuk bisa mendownload paling lambat 2 hari setelah Shirley mengkonfirmasi email jawaban dari kami. Silahkan Shirley periksa di inbox dan spam folder untuk melihat email jawaban kami.

      salam Metta,

  • anawati says:

    semakin banyak mendengarkan wejanan Dhamma akan membuat pikiran semakin tenang ,dan semakin mudah menuju jalan kesuksesan.

  • sun chang says:

    i would like to know better,ok.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image