Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Tan Chao Ming

Apakah Sukses itu?

Submitted by Untung on January 13, 2011 – 8:07 amNo Comment

Tan Chao MingDear Kalyanamitta,

Masih dalam suasana tahun baru 2011. setiap momen tertentu entah itu tahun baru, ulang tahun sampai kematian dari orang dekat kita membawa kita merenung. Apa yang sebenarnya sedang kita cari? Kita mencari kesuksesan dan kebahagiaan. Tetapi apakah sukses itu? apa definisi sukses?

Mungkin 80 % dari kita berpendapat bahwa sukses itu kalau kehidupannya sudah mapan, uangnya banyak, harta melimpah. Memang kenyataannya ukuran sukses secara umum nampaknya seperti itu.

Jika begitu apakah seseorang yang tidak berlimpah secara materi akan dianggap orang gagal? orang yang tidak sukses? Apakah harus begitu? Bagaimana sih ukuran sukses jika dilihat dari kacamata Buddhist?

Bapak Tan Chau Ming mengatakan dalam ceramah dhamma yang diadakan di Vihara pluit Dharma Sukha, setidaknya ada 3 hal yang bisa digolongkan sebagai kesuksesan jika seseorang berhasil mencapainya. ke 3 hal tersebut adalah:

1.  Sukses diukur dari kepemilikan harta benda.
2. Sukses jika kita menjadi orang yang berguna dan bisa menolong orang.
3. Sukses jika kita berhasil hidup penuh dengan ketenangan batin.

Orang tua yang telah berhasil membawa anaknya hingga dewasa dan memberinya pendidikan yang layak pun seharusnya digolongkan sebagai orang tua yang sukses walaupun secara materi tidak punya banyak.

Memang sulit dalam kondisi dunia sekarang yang mengukur segalanya dari kaca mata materi. Namun sekali lagi sukses dengan ukuran no 1 diatas sangat tidak menjamin kebahagiaan. Kesuksesan dengan ukuran materi bisa tidak sejalan dengan kebahagiaan.

Seminggu yang lampau terbetik di berita surat kabar, putra kedua mendiang  alm. Shah Iran, eks kaisar Iran,  meninggal karena bunuh diri. Apakah hal ini bisa terlintas dalam pikiran kita 40 tahun yang lampau saat Shah Iran masih berkuasa, dengan kekayaan yang berlimpah? Meninggal dengan bunuh diri di negeri orang dalam pengasingan?

Silakan simak ceramah dhamma dari bapak Tan Chao Ming mengenai apakah sukses itu. Silakan klik tombol play dibawah ini atau bagi para member ceramahdhamma.com bisa mendownloadnya dengan menggunakan username dan password yg telah diberikan.

Ceramah Dhamma Bapak Tan Chau Ming ‘Apakah Sukses itu?’

[1:08:08]            11.6 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Apakah Sukses itu?’ 11.6 MB

Selamat mendengarkan semoga sukses dan bahagia. Salam Sejahtera.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image