Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Tan Chao Ming

Dunia Terbakar

Submitted by Untung on November 9, 2010 – 10:59 amOne Comment

Tan Chao Ming

Dunia Terbakar

“Duhai para Bhikkhu, sesungguhnya dunia ini terbakar.” Demikian Buddha pernah berkata. Apa yang dimaksudkan Buddha dengan dunia yang terbakar? Dunia terbakar oleh api dendam dan kebencian.

Begitu hebatnya api kebencian dan dendam membakar kita semua, sehingga seringkali api kebencian dan dendam tersebut terbawa dalam kelahiran-kelahiran berikutnya.

Dalam cerita-cerita Buddhis kita menjumpai kisah dendam yang tidak berakhir saat kematian. Ketika kedua pihak yang bertikai terlahir kembali, kebencian tersebut tetap mengikuti.

Sebagai seorang umat Buddha yang saleh, seyogyanya kita bisa menghentikan rasa kebencian dan dendam tersebut saat sekarang, saat hidup ini dimana kita sudah menegnal Buddha Dhamma.

Pernahkan anda merasakan ketika bertemu dengan seseorang yang meskipun baru dikenal tetapi entah mengapa menimbulkan rasa tidak enak di dalam hati kita?. Kadang kita tidak habis berpikir apa yang salah dari orang tersebut, tetapi sudah timbul rasa tidak suka terhadap orang itu. Saat itu cobalah hentikan perasaan tidak suka yang timbul, mungkin rasa benci itu terbawa dari kehidupan lampau kita terhadap orang tersebut. Sebaiknya selesaikan, hentikan saat itu juga.

Perumpamaan dunia terbakar diatas merupakan satu hal yang dibicarakan dalam ceramah Dhamma oleh Bapak Tan Chau Ming kali ini. Pada bagian lain Bapak Tan Chao Ming membahas pendapat yang ditulis oleh seorang pendeta Tibet 600 tahun yang lalu, Tsongkhapa.

Tsongkhapa menulis mengenai bagaimana setiap orang seyogyanya melihat kehidupannya jika dilihat dari perspektif Buddhisme. Ada tiga hal yaitu:

1.   Setiap manusia harus mempunyai niat untuk keluar dari Penderitaan.
2.  Setiap manusia harus mulai melangkah untuk menimbulkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama.
3.  Harus mulai membiasakan diri untuk tidak melekat.

Silakan anda mengklik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan bagaimana Bapak Tan Chao Ming mengulas topik topik diatas. Untuk para member ceramahdhamma.com silakan mendownloadnya dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan.

Ceramah Dhamma ‘Dunia Terbakar’ oleh bapak Tan Chao Ming

[01:00:40] 10.4 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Dunia Terbakar’ 10.4 MB

Semoga hati kita tidak terbakar oleh api kebencian dan dendam. Semoga ceramah Dhamma ini dapat membawa manfaat buat anda sekalian. Salam cinta kasih.

One Comment »

  • Ira W says:

    Setuju sekali……. Kita memang harus punya niat yang kuat untuk bisa keluar dari penderitaan ini.

    Apa yang diajarkan oleh Sang Buddha dan dijabarkan oleh Pendeta Tsongkhapa perlu untuk selalu diingat dan dipraktekkan oleh setiap insan yang ingin terbebas dari dunia samsara ini……

    Terima kasih atas keperdulian dan kesetiaan Anda untuk terus mengingatkan kami semua akan hal ini…….

    Semoga Anda terus maju dalam pelayanan dan semakin berkembang pemahaman tentang Dharma sampai mencapai pencerahan sempurna demi manfaat semua mahluk. Sadhu…..3X

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image