Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Kresno Budoyo

Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan

Submitted by Untung on November 22, 2015 – 9:40 pm5 Comments

Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau PilihanCeramah Dhamma Romo Kresno Budoyo. Vihara Pluit Dharmasukha, Nopember 2015

Sebenarnya saya agak bingung dengan pertanyaan apakah berdana suatu keharusan atau pilihan. Apa yang dimaksud dengan pilihan dalam pertanyaan diatas. Apakah memilih siapa penerima dana atau memilih antara berdana atau tidak berdana. Meskipun demikian Romo Kresno Budoyo membawakan ceramah Dhamma dengan tema apakah berdana suatu keharusan atau pilihan karena ada yang meminta karena banyak umat yang bertanya apakah berdana suatu keharusan atau pilihan.

Romo Kresno Budoyo dalam ceramah Dhamma ini tidak memberikan secara langsung jawaban atas pertanyaan diatas. Romo Kresno memberikan ulasan mengenai berdana seperti yang telah dikatakan oleh Buddha dalam sutta. Anda diharapkan menyimpulkan sendiri jawaban atas pertanyaan apakah berdana suatu keharusan atau pilihan berdasarkan uraian beliau.

Dalam sepuluh paramita atau sepuluh landasan perbuatan baik, dana menempati urutan pertama. Berdana merupakan kegiatan yang paling mudah di antara sepuluh paramita lainnya. Berdana merupakan langkah awal melaksanakan parami yang lain.

Agar kegiatan berdana anda dapat membawa hasil yang baik, maka ada tiga persyaratan atau kondisi yang harus dipenuhi. Tiga kondisi tersebut adalah sebelum berdana, saat berdana dan sesudah berdana anda harus merasa senang atau gembira. Di ketiga momen tersebut tidak boleh ada keraguan maupun penyesalan atas kegiatan berdana yang akan dan telah dilakukan. Setelah anda selesai berdana jangan lupa untuk menyatakan aspirasi anda.

Romo Kresno Budoyo juga menjelaskan tentang 14 jenis makhluk hidup yang bisa di berikan dana. Dari ke empat belas jenis makhluk tersebut banyak yang sudah sulit atau bahkan tidak mungkin di temui kembali pada saat ini, misalnya seorang Buddha dan Paceka Buddha. Namun demikian ada tiga jenis makhluk yang saat ini masih mudah untuk kita berikan dana.

Agar lebih jelasnya, silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Dhamma dari Romo Kresno Budoyo di bawah ini. Silakan juga jika anda ingin mengunduhnya. Untuk mengunduhnya anda memerlukan username dan password yang telah kami berikan kepada seluruh anggota ceramahdhamma.com pada saat mendaftar

Ceramah Dhamma Romo Kresno Budoyo “Apakah Berdana Suatu Keharusan Atau Pilihan.”

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Apakah Berdana Suatu Keharusan atau Pilihan”, Romo Kresno Budoyo 12.5 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Apakah Berdana Suatu Keharusan atau Pilihan’ Romo Kresno Budoyo 12.5 MB

Selamat mendengarkan, Semoga tidak ada lagi keragu-raguan serta penyesalan sebelum, sesaat serta setelah anda berdana. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia.

5 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image