Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cornelis Wowor MA

Perenungan Awal Tahun

Submitted by Untung on January 6, 2011 – 6:00 pmOne Comment

Perenungan awal tahunDear Kalyanamitta, Selamat tahun baru 2011!

Kita bertemu lagi di awal tahun ini. Bapak Cornelis Wowor MA mengajak kita melakukan perenungan awal tahun.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan tahun baru? Apa bedanya dengan hari-hari yang lain? semuanya hanyalah kesepakatan tentang konsep waktu. Seluruh dunia sepakat bahwa awal tahun secara internasional adalah 1 Januari. Beberapa negara seperti China mempunyai kebudayaan untuk menunjuk tahun baru bukan pada tanggal 1 Januari. Itulah waktu sebagai konsep, bukan sesuatu yang mutlak.

Pak Wowor mengatakan Jika melihat dari kacamata Vipassana, proses pergantian hari, bulan dan tahun hanyalah sebuah proses perubahan, Anicca. Kita semakin tua, itu adalah sebuah proses. Proses ini jika kita tidak bisa terima akan menimbulkan penderitaan, Dukkha. Kenapa kita tidak bisa menerima perubahan? karena kita masih melekat pada Ego kita, sang ‘Aku’ kita.

Perenungan yang Pak Wowor maksudkan berkaitan dengan keinginan-keinginan yang hendak dicapai. Sebagai manusia awam keinginan ini tentu saja berwujud kesuksesan  yang mungkin bersifat materi. Nah apakah keinginan tersebut sudah tercapai atau belum?

Jika keinginan kita belum tercapai, apa yang sudah kita lakukan? Karena konsep dalam Buddhism keinginan yang tercapai/ terpenuhi merupakan buah dari karma yang telah dilakukan. Secara gamblangnya bisa dikatakan jika kita ingin kaya, sudahkan kita sering melakukan berdana? Itulah yang dimaksudkan usaha untuk mewujudkan suatu keinginan gaya Buddhist. Jika ingin kaya, tidak cukup hanya berusaha banting tulang mencari uang, Namun harus giat berdana.  Ada sebab ada Akibat.

Mungkin akan jauh lebih jelas jika Kalyanamitta mendengarkan uraian langsung dari pak Wowor tersebut.

Ceramah Pak Wowor kali ini sebenarnya cukup singkat, waktunya lebih banyak  terpakai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan segala rupa seperti: Fang Shen untuk mendapatkan Jodoh, mata pencaharian benar, mengusir penunggu rumah, Asura yang bisa menyembuhkan sampai bagaimana caranya bisa menarik suami yang beragama lain untuk bisa menjadi Buddhist serta hal-hal lainnya.

Silakan Kalyanamitta mendengarkan uraian-uraian Pak Wowor dengan mengklik tombol play dibawah ini. Atau bagi Kalyanamitta yang telah menjadi member ceramahdhamma.com dapat mendownloadnya dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan.

Ceramah Dhamma Bapak Cornelis Wowor MA. ‘Perenungan Awal Tahun’

[01:05:47] 11.2 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Perenungan Awal Tahun’ 11.2 MB

Selamat melakukan perenungan awal tahun. Semoga Kalyanamitta tercapai cita-citanya. Semoga berbahagia dan sejahtera. Salam dalam Dhamma.

One Comment »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image