Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » dr. Ratna Surya Widya

Perenungan Terhadap Dhamma

Submitted by Untung on January 28, 2014 – 6:47 pm4 Comments

Perenungan Terhadap DhammaPerenungan Terhadap Dhamma oleh: dr. Ratna Surya Widya

Dalam Dhammanussati atau perenungan terhadap Dhamma, kita bisa menemukan 6 karakter dari Dhamma. Demikian yang dibabarkan oleh romo pandita dr. Ratna Surya Widya dalam ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharma Sukha di Bulan Desember 2013.

Agama Buddha adalah agama praktek. Seorang umat Buddha tidak hanya cukup mempunyai keyakinan terhadap Buddha Dhamma dan Sangha, namun juga dalam praktek kehidupan sehari harinya harus mencerminkan ajaran Buddha. Dalam hal ini artinya kita selalu berusaha untuk melakukan perbuatan sesuai jalan Dhamma, meskipun masih jauh dari sempurna.

Ambil contoh sederhana. Kita semua menginginkan untuk bisa mempunyai banyak materi atau kekayaan. Menjadi kaya bukanlah keadaan yang dilarang dalam agama Buddha. Namun saat kita belum kaya, apa yang kita lakukan untuk menjadi kaya?

Dhamma secara jelas mengajarkan lewat hukum karma cara untuk menjadi kaya. Walaupun cara ini kedengarannya sangat tidak umum. Kalau kita miskin umumnya kita mengharapkan ada orang yang memberi kita uang. Tidak salah dalam kacamata pandangan secara umum. Dalam Dhamma justru kebalikannya. Jika kita masih miskin dan ingin kaya maka berdanalah uang sebisa dan sesering mungkin, bukan malah meminta-minta. Sudahkah kita menjalankannya?

Dalam ceramah dhamma ini romo dr. Ratna Surya Widya menceritakan sepasang suami istri miskin yang berusaha untuk kaya. Saking miskin nya maka penghasilan hari ini hanya cukup untuk makan besok. Tidak ada lebihnya. Jika demikian lalu bagaimana caranya untuk berdana? Apa yang dilakukan oleh sepasang suami istri tersebut dalam usahanya untuk berdana mungkin di luar pemikiran kita. Silakan disimak.

Untuk mendengarkan secara streaming, anda memerlukan flash player terinstall dalam browser pilihan anda. Silakan klik tombol segitiga untuk memulai streaming. Jika tidak ada, silakan anda download terlebih dahulu file Mp3 nya lalu didengarkan lewat player yang ada dalam komputer maupun gagdet anda.

Ceramah Dhamma Romo dr. Ratna Surya Widya ‘Perenungan Terhadap Dhamma’

[0:51:53]   8,9 MB

Download Perenungan Terhadap Dhamma, dr. Ratna Surya Widya 8,9 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda menjadi umat Buddha yang berbahagia karena mempraktekkan Dhamma dalam kehidupan sehari-hari. Sadhu.. Sadhu.. Sadhu..

4 Comments »

  • lifen says:

    Dear Pak Untung,

    Semua data sudah dimasukkan dengan benar, dan sewaktu download tidak terputus di tengah jalan, cuman setelah selesai di download muncul keterangan unduhan gagal.

  • lifen says:

    Selamat pagi Pak Untung,

    Pak Untung, saya mau bertanya, kenapa saya tidak dapat mendownload file ceramah dhamma, apakah untuk mendownload file ceramah dhamma membutuhkan aplikasi tertentu?

    • Untung says:

      Dear bu Lifen,
      Untuk mendownload tidak diperlukan aplikasi. Cukup username dan password yang sudah kami berikan untuk ibu.
      Pastikan Ibu tidak salah waktu memasukkan username dan passwordnya.
      Jika masih belum bisa, mohon berikan keterangan lebih rinci mengenai bagaimana tidak bisanya dalam mendownload. Apakah terputus tengah jalan, atau sesuatu error muncul di layar komputer,atau hal lainnya. Terima kasih.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image