Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Sri Pannavaro Mahathera

Tiga Perlindungan

Submitted by Untung on August 31, 2010 – 7:49 am2 Comments

Tiga Perlindungan Tiga perlindungan atau Trisarana, Berlindung kepada Buddha, Dhamma dan Sangha merupakan pernyataan yang diucapkan oleh seseorang yang menyatakan diri sebagai umat Buddha. Mirip dengan kalimat Syahadat dalam Muslim atau Kredo dalam Nasrani.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan berlindung pada Buddha? Berlindung pada Dhamma? Berlindung pada Sangha? Apa yang ada dalam pikiran seseorang saat dia menyatakan berlindung pada Triratna?

Makna dalam menyatakan tiga perlindungan pernah diposting ceramahnya, yang dibawakan oleh Bapak Tan Chao Ming dengan tema berlindung pada Buddha Dhamma Sangha pada bulan Agustus tahun lalu.

Kali ini pengertian tiga perlindungan dengan cara yang berbeda dijelaskan oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam rangka Asadha puja  tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Vihara Pluit Dharma Sukha Jakarta.

Menurut Bhante Sri Pannavaro Mahathera berlindung pada Buddha Dhamma dan Sangha dapat dipersamakan seperti berlindung kepada Dokter. Apa Maksudnya?

Berlindung kepada Buddha menuntut seseorang untuk bersikap aktif tidak pasif. Berlindung pada Triratna dengan  sikap pasif tidak akan dan tidak mungkin berhasil.

Lalu di sisi lain jika dikatakan kita mempunyai tiga perlindungan kepada Buddha, Dhamma dan Sangha apakah mereka itu bertindak  pasif? Sebagai tempat berlindung apakah Buddha Gautama Pasif? Apakah Dhamma pasif ? Apakah para Bhikkhu sebagai anggota Sangha bertindak pasif?

Bagaimana cara berlindung yang baik sehingga kita bisa mendapatkan manfaat untuk terbebas dari penderitaan? Apa sebenarnya yang menyebabkan kita menderita?

Pada saat seseorang terkena musibah atau mengalami penderitaan, sering kita mendengar pernyataan ‘Oh itu akibat dari karmanya sendiri’. Padahal dalam empat kesunyataan mulia sebagai dasar ajaran Buddha Gautama tidak ada hukum karma didalamnya. Jadi sebenarnya apa sebab dari penderitaan seseorang?

Bhante Sri Pannavaro Mahathera memberikan petunjuk praktis bagaimana kita bisa setidak-tidaknya mengurangi penderitaan kita. Silakan anda mengklik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan secara online atau mendownload file Mp3 nya.

Ceramah Dhamma ‘Tiga Perlindungan’ Sri Pannavaro Mahathera

[1:12:01] 12.3 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Tiga Perlindungan 12.3 MB

Selamat mendengarkan, semoga ceramah dhamma ini dapat membantu anda untuk mengikis sedikit demi sedikit penderitaan anda. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Salam dalam Dhamma, Salam sejahtera.

2 Comments »

  • oniwati says:

    Namo Buddhaya
    Ceramah Dhamma 3 perlindungan yang sangat baik,dan untuk memperingatkan kembali untuk umat buddha tidak lupa untuk bermeditasi,sadangkan umat lain umat islam maupun kristen telah menjalankan meditasi tersebut.

    Salam Metta,
    Oniwati

  • Andry says:

    Ini yang saya tunggu-tunggu, walau sudah mendengarkannya langsung, tetap saja ceramah Bhante Panna ini selalu ingin saya dengarkan kembali, selain dapat menguatkan pengertian akan Buddha Dhamma, juga memotivasi untuk terus melaksanakannya, serta dapat diperdengarkan kepada orang tua, sanak saudara ataupun teman yang belum sempat mendengar ceramah Dhamma yang sangat berharga ini.

    Terima Kasih untuk Bro Untung yang selalu mengupload ceramah-ceramah Dhamma selama ini. Anumodana.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image