Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Sri Pannavaro Mahathera

Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani

Submitted by Untung on August 29, 2013 – 3:43 pm23 Comments

Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani  Oleh: Bhante Sri Pannavaro Mahathera

Sangat penting buat kita untuk mampu menata pikiran perasaan dan jasmani kita baik dalam senang maupun dalam susah. Bagaimana hubungan antara pikiran, perasaan dan jasmani itu?

Pada saat kita bahagia maupun menderita, dimana letaknya kebahagiaan ataupun penderitaan itu?. Ambil contoh jika seorang teman dekat anda memberikan anda sebuah cincin berlian asli atau jam tangan Swiss yang mahal, anda tentu merasa senang bukan? Dimana rasa senang itu timbul? karena apa rasa senang itu timbul?

Jika seandainya suatu ketika hadiah cincin berlian atau jam tangan tersebut hilang atau rusak, anda tentu merasa menderita bukan? dimana rasa menderita itu muncul? karena apa rasa susah itu muncul?

Anda mungkin menjawab bahwa rasa senang dan menderita itu muncul di dalam diri kita. Senang karena adanya hadiah cincin berlian atau jam tangan mahal tersebut dan menderita karena cincin berlian atau jam tangan tersebut hilang. Betulkah itu?

Tidak sepenuhnya betul. Senang dan susah memang berada dalam diri kita tetapi bukan disebabkan oleh hadiah tersebut. Senang dan susah di karenakan karena adanya AKU dalam pikiran kita.

Apa buktinya jika senang dan susah tersebut bukan dari hadiah tersebut? Buktinya mudah sekali, walaupun hadiah cincin berlian dan jam tangan mahal itu ada dan tepat berada di depan anda namun bukan diberikan kepada anda tetapi diberikan kepada orang lain, apakah anda tetap merasa senang? Itu membuktikan bahwa rasa senang bukan dikarenakan adanya cincin berlian dan jam tangan tersebut tetapi dari pikiran tentang AKU.

Pikiran adanya AKU yang menimbulkan perasaan senang atau susah. Perasaan senang atau susah akan mengkondisikan jasmani. Anda mungkin tidak bisa tidur karena perasaan senang ketika mendapatkan cincin berlian tersebut. Pikiran mengkondisikan perasaan dan perasaan mengkondisikan jasmani.

Penting buat kita untuk mampu menata pikiran perasaan dan jasmani kita. Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam satu kesempatan ceramah Dhamma memberikan khotbah tentang hal tersebut. file khotbah ini di berikan oleh Sdr. Cacang Sanusi untuk ceramahdhamma.com.

Bagaimana caranya untuk bisa menata pikiran, perasaan dan jasmani kita? Silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Bhante Sri Pannavaro Mahathera yang memberikan panduan praktis untuk kita dalam menata pikiran, perasaan dan jasmani. Silakan klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan secara streaming atau gunakan username dan password yang sudah diberikan kepada semua anggota untuk mendownload file mp3 ceramah ini.

Ceramah Dhamma Bhante Sri Pannavaro Mahathera ‘Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani’

[1:10:16]  12 Mb

Download Menata Pikiran Perasaan dan Jasmani 12.5 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda dapat berlatih menata pikiran, perasaan dan jasmani anda. Semoga anda berbahagia.

23 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image