Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Suhu Xian Xing

Cinta Tanpa Syarat

Submitted by Untung on February 29, 2016 – 9:41 am8 Comments

Cinta Tanpa Syarat Cinta Tanpa Syarat Ceramah Dhamma Suhu Xian Xing Vihara Pluit Dharmasukha Januari 2016

Cinta Tanpa syarat sering di-identikkan dengan metta atau cinta kasih universal. Menurut Suhu Xian Xing,  metta hanya merupakan salah satu dari empat aspek dari cinta tanpa syarat. Dalam ceramah Dhamma pertama setelah absen setahun ber ceramah di Vihara Pluit Dharmasukha, Suhu Xian Xing memberikan ceramah tentang cinta tanpa syarat.

Cinta tanpa syarat melewati batas batas agama, umur, jenis kelamin, status sosial, ras dan sebagainya. Cinta tanpa syarat mempunyai empat aspek yaitu:

1.   Aspek metta atau cinta kasih universal. Cinta tanpa syarat tidak memandang siapa atau apa yang kita cintai. Berlaku untuk siapa saja. Semua golongan. Kita menginginkan orang yang kita cintai berbahagia.
2.  Aspek karuna. Cinta tanpa  syarat harus memiliki aspek belas kasihan. Kita ingin menolong orang yang kita cintai terlepas dari penderitaan.
3.   Aspek mudita. Cinta tanpa syarat memiliki rasa empati terhadap orang yang kita cintai. Tidak ada rasa iri saat orang yang kita cintai berbahagia. Kita merasa turut berbahagia saat orang yang kita cintai berbahagia.
4.   Aspek upekkha. Cinta tanpa syarat harus memiliki unsur keseimbangan batin. Ini sangat penting, di saat orang yang kita cintai menderita maka kita akan memberikan pertolongan tanpa kita menjadi ikut larut dalam penderitaan. Dengan memiliki upekkha, batin kita menjadi tidak terpengaruh, tidak tergoncang dengan keadaan  dari orang yang kita cintai. Upekkha bukan berarti cuek. Walaupun batin kita tidak tergoncang dan tetap dalam keadaan tenang namun kita tetap aktif dalam menolong orang yang kita cintai saat dia menderita. di sisi lain kita juga tidak larut dalam kesombongan saat orang yang kita cintai dan kita bantu berbahagia.

Suhu Xian Xing juga menerangkan jenis sebab sebab yang membuat  cinta muncul di lihat dari sisi teori psikologi. Agar lebih jelasnya silakan anda mendengarkan secara langsung uraian dhamma dari suhu Xian Xing lewat straming online dengan meng klik tombol segitiga play di bawah ini ( anda memerlukan aplikasi flash player di browser anda) Anda juga dapat mengunduh file Mp3 dengan menggunakan username dan password yang sudah di berikan kepada masing masing anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Suhu Xian Xing ‘Cinta Tanpa Syarat’

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma ‘Cinta Tanpa Syarat’ Suhu Xian Xing 11.8 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma ‘Cinta Tanpa Syarat’ Suhu Xian Xing 11.8 MB

Selamat mendengarkan. Semoga kita semua dapat mengembangkan cinta tanpa syarat di dalam kehidupan sehari hari kita. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu…Sadhu…Sadhu…

8 Comments »

  • Amita indivara says:

    Namo Buddhaya
    Mengapa saat saya mendapat link di Gmail pas saya buka di web tulisannya eror atau sudah kadaluarsa?Padahal saya baru menerimanya

  • sriwaty says:

    Menurut saya, ceramah B. Xian xing sederhana dan merakyat.
    Bisakah saya mendapat no HP B. Xian Xing. Dimana saya bisa bertemu langsung dengan Bante Xian xing. Adakah retret yang dibina oleh Bante. Terima kasih.

    • Untung says:

      Saya juga tidak memiliki no HP beliau. Bu Sriwaty bisa menanyakan no HP suhu Xian Xing ke Vihara Pluit Dharmasukha di no telp 021-66605358 /
      021-6602725. Tanggal 30 Juni-3 Juli 2016 kemarin beliau mengadakan retreat dengan para remaja Vihara Pluit Dharmasukha di Ciawi. Beliau sehari hari tinggal di salah satu vihara di Bogor. Mohon maaf, saya tidak tahu nama viharanya. Terima kasih.

    • Untung says:

      Saya sdh dapatkan no HP suhu Xian Xing, akan saya email ke bu Sriwaty. Sehari hari beliau tinggal di Vihara Vajra Bodhi jalan Padjadjaran Bogor, Thanks.

  • okta says:

    namobudhaya

    selamat sore suhu.. saya ingin bertanya namun berbeda dari topik ini..
    berternak anjing apakah termasuk mata pencaharian yang salam dalam agamma buddha dan apa akan menimbulkan karma buruk? jika hasil keuntungan dr ternak ini semuanya disumbangkan.. apakah tetep bisa mengikis karma buruk yg ada?

    terimakasih

    • Untung says:

      Namo Buddhaya,
      sebelumnya saya ingin koreksi dahulu, Saya bukan suhu, juga bukan pandita. saya masih umat biasa.
      Dalam Agama Buddha ada beberapa mata pencarian yang tidak di anjurkan, salah satunya adalah mata pencarian dengan menjual makhluk hidup. Menurut saya walau tetap tidak dianjurkan beternak anjing masih lebih mending di banding beternak ayam untuk di jual dan dipotong. Anjing biasanya di pelihara bukan dibunuh, karena tidak ada yang makan daging anjing kan? (kecuali beberapa suku etnis tertentu).
      Hasil dari keuntungan semuanya disumbangkan tentu saja baik. Namun dalam agama Buddha tidak ada istilah karma abu abu. yang ada adalah karma baik dan karma buruk.
      Contohnya Robin Hood. Dia mencuri dan merampok, hasilnya disumbangkan untuk orang miskin. Nah menurut Dhamma Robin Hood tetap melakukan 2 jenis perbuatan. Yaitu perbuatan buruk dengan merampok dan mencuri serta perbuatan baik dengan menyumbang orang miskin. Dua duanya akan berbuah pada saatnya.
      terima kasih.

  • fuk sun says:

    Mahanumodana ko Untung

    Dhammanya Suhu Xian Xing ok banget

    suaranya mendhammaikan

    Semoga Smua Makhluk Bahagia

    Sadhu Sadhu Sadhu

    Namo Buddhaya

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image