Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Anggota Sangha

Tersenyumlah

Submitted by Untung on December 23, 2010 – 6:54 am5 Comments

TersenyumlahTersenyumlah saat sedang duduk, tersenyumlah saat sedang berjalan, tersenyumlah saat sedang makan, tersenyumlah saat sedang mandi, tersenyumlah dimanapun, dalam kondisi apapun.

Tersenyumlah saat membaca tulisan ini, demikian kira-kira anjuran Bhante Vimalaramsi dalam ceramah dhamma nya di Vihara Pluit Dharma Sukha. Ceramah Dhamma diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Ibu Brenda.

Bhante Vimalaramsi adalah seorang Bhikkhu guru meditasi dari Amerika.  Bhante Vimalaramsi mulai berlatih meditasi Vipassana dengan gaya Burma pada umur 28 tahun sebelum beliau menjadi Bhikkhu. Tahun 1986 saat berumur 40 tahun beliau menjadi Bhikkhu.

Beliau berlatih meditasi dengan intensif selama 12 tahun di Myanmar, Thailand, Singapore, Malaysia termasuk Indonesia. Tahun 1998 Bhante Vimalaramsi kembali ke Amerika untuk mengajar meditasi.

Meditasi yang diajarkan beliau mencampurkan Samatha dan Vipassana dalam satu praktek, tidak dibedakan. Menurut beliau inilah yang diajarkan oleh Buddha lewat Sutta. Bhante Vimalaramsi tidak merujuk pada kitab komentar manapun dalam mengajar meditasi.

Dalam ceramah dhammanya ‘tersenyumlah’ beliau menggaris bawahi pentingnya rasa suka saat retret meditasi. Saat seseorang menyukai apapun pekerjaan yang sedang dilakukan maka hasilnya pasti akan baik. Jika seseorang saat berlatih meditasi merasakan kebahagiaan dan bukan rasa sakit maka dia akan maju. Maka tersenyumlah saat bermeditasi. Beliau tidak akan meminta meditator untuk memperhatikan rasa sakit, tetapi bergembiralah saat retret meditasi.

Gaya mengajar meditasi ini mirip dengan gaya Ajahn Brahm. Ajahn Brahm juga tidak membedakan Samatha dan Vipassana seperti yang diajarkan oleh Ajahn Chah, guru Ajahn Brahm. Saat retret meditasi, Ajahn Brahm juga meminta meditator untuk menikmati kegembiraan. Bagi Ajahn Brahm tidak mungkin anda bisa maju meditasi saat anda tidak bahagia. Tidak jarang Ajahn Brahm meminta seorang meditator tertentu untuk tidur beristirahat selama 3 hari pertama saat retret.

Ajahn Brahm akan datang kembali ke Indonesia tahun 2011. Pada tanggal 27 Maret 2011 Ajahn Brahm mengadakan Micro Retreat dan Dhamma talk di Jakarta. Informasi dan pendaftaran bisa kalyanamitta lihat di www.AjahnBrahmkeIndonesia.com atau download poster nya.

Kembali ke Bhante Vimalaramsi, beliau mengatakan bahwa jika anda sehabis retret meditasi hanya merasakan pegal dan sakit, maka retret tersebut tidak benar. Bhante Vimalaramsi mengklaim dalam ceramahnya ini bahwa meditator yang mengikuti 100% cara beliau tidak jarang mengalami Jhana 1-3 dalam retret meditasi yang diadakan beliau.

Ceramahdhamma.com tidak memiliki kecondongan dalam gaya meditasi. tertentu.  Postingan ini lebih bertujuan untuk memberikan informasi tentang gaya mengajar meditasi yang berbeda. Silakan Kalyanamitta menilai sendiri. Buku beliau tentang meditasi sudah diterjemahkan oleh Ehipassiko. Jika ingin memilikinya silakan email ke kami untuk memesannya.

Silakan Kalyanamitta mengklik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan ceramah Dhamma Bhante Vimalaramsi secara online. Bagi member ceramahdhamma.com silakan menggunakan username dan password yang sudah diberikan jika ingin mendownload file mp3 nya.

Ceramah Dhamma Bhante Vimalaramsi ‘Tersenyumlah’

[1:14:25] 12.7 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Tersenyumlah’ 12.7 MB

Selamat tersenyum, Semoga anda berbahagia.

5 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image