Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Suhu Xian Xing

Depresi

Submitted by Untung on July 1, 2012 – 8:41 am4 Comments

depressionDepresi oleh Suhu Xian Xing

Apakah anda pernah mengalami depresi? Secara teoritis setiap orang pasti pernah mengalami depresi . Yang berbeda adalah berat ringannya serta kemampuan seseorang untuk menghadapi depresi.

Saat anda sekedar bersedih hati, itupun merupakan salah satu gejala depresi. Gejala depresi yang lain adalah kehilangan gairah terhadap aktifitas yang biasanya membawa kegembiraan untuk seseorang, kesulitan tidur atau sebaliknya tidur melulu, kehilangan semangat, merasa tidak berguna dan lain sebagainya.

Dalam Buddha Dhamma semua hal kembali pada diri sendiri, termasuk depresi. Memang benar pemicu depresi bisa merupakan aspek diluar diri. Tetapi akibat atau dampak yang ditimbulkan akan sangat bergantung pada diri sendiri. Buktinya suatu peristiwa yang sama, di tempat yang sama, pada waktu yang sama akan menimbulkan akibat yang berbeda bagi setiap orang yang berbeda. Jadi bukan peristiwa tersebut yang menjadi peran utama dalam menimbulkan depresi tetapi ketahanan mental seseorang, kondisi kejiwaan seseorang yang akan menentukannya.

Suhu Xian Xing, sesuai dengan ilmu yang saat ini sedang dipelajarinya dibangku kuliah serta pengetahuan Buddha Dhamma nya berbicara tentang depresi dalam ceramah Dhamma di kebaktian Minggu pagi di Vihara  Pluit Dharma Sukha.

Depresi bisa dialami oleh siapa saja. Tua muda, laki perempuan, rohaniwan atau umat awam, orang kaya orang miskin, siapa saja. Sebagai Buddhis, bagaimana cara mengatasi depresi, bagaimana kita bisa berlatih diri dalam mengatasi depresi?

Bagi Ibu-ibu yang sedang hamil berhati-hatilah dalam mengatur mood dan suasana hati karena akan sangat berpengaruh terhadap bayi yang sedang dikandung. Ibu hamil yang depresi akan melahirkan bayi yang tidak sehat secara kejiwaan, penakut, pemarah dan lain sebagainya. Tugas suami untuk dapat memberikan ketenangan hati dan suasana kejiwaan yang nyaman untuk istrinya yang sedang hamil.

Selain tentang depresi, suhu Xian Xing juga menerangkan bagaimana cara menghitung 49 hari peringatan setelah kematian dari seseorang. Apakah jika meninggal hari Kamis maka 49 harinya akan pasti jatuh di hari Rabu, atau Kamis atau justru malah di hari lain?

Silakan anda mendengarkan uraian langsung dari suhu Xian Xing mengenai depresi dengan meng-klik tombol play dibawah ini atau silakan mengunduhnya bagi para anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Suhu Xian Xing ‘Depresi’

[01:43:32]    18.4 MB
Download ceramah Dhamma Depresi 18.4 MB

Semoga anda bebas dari ketakutan dan kekhawatiran. Yang lalu sudah berlalu, yang akan datang sangatlah tidak pasti. Hiduplah saat sekarang pada momen demi momen. Semoga anda selalu berbahagia. Sadhu….

4 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image