Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Dhammasubho Mahathera

Pinter, Bener, Kober

Submitted by Untung on June 13, 2010 – 9:20 am5 Comments

Pinter Bener KoberPinter, Bener, Kober, apa maksudnya?

Harian Kompas pada tanggal 30 Mei 2010 halaman 23 menampilkan tulisan tentang Bhante Dhammasubho Mahathera. Judulnya Pinter, Bener, Kober.

Kebetulan sekali dalam perayaan waisak VPDS tanggal 12 Juni kemarin Bhante Dhammasubho hadir membawakan ceramah Waisak. Isinya juga menyinggung masalah Pinter, Bener dan Kober ini.

Yang tidak kalah penting dari isi ceramah Dhamma Bhante Dhammasubho Mahathera kali ini adalah suatu ajakan untuk umat Buddha agar mau lebih mempelajari, mempraktekan ajaran Buddha Dhamma.
Mengapa penting? bukankah itu merupakan ajakan yang sangat umum dan lazim diucapkan seorang Bhikkhu?

Ajakan diatas menjadi sedikit berbeda manakala didahului oleh informasi mengenai betapa banyaknya orang Non Buddhis, bukan umat Buddha yang gandrung mempelajari Buddha Dhamma bahkan mempraktekkannya tanpa harus perlu menjadi umat Buddha.

Jangan sampai, kata Bhante Dhamasubho Mahathera, kita sebagai umat Buddha itu sendiri malah kalah dengan umat yang di KTP nya bukan Buddhis tapi mempelajari dan mempraktekkan Buddha Dhamma dengan baik.

Bhante Dhammasubho Mahathera juga menceritakan perjalanan yang menarik di pelosok Sulawesi Selatan dan Barat menyusur pantai Barat Sulawesi sekitar 2000 km pp. Adakah umat Buddha disana?

Silahkan anda mendengarkan dengan mengklik tombol play dibawah ini atau mendownloadnya ( anda perlu username dan password untuk mendownloadnya. lihat FAQ)

Ceramah Dhamma Pinter, Bener, Kober Bhante Dhammasubho Mahathera

[0:39:18] 6.75 MB

Download Mp3 Ceramah Pinter, Bener, Kober, 6.75 MB

Simak juga mengenai :

  • Apakah yang dimaksud umat beragama yang utuh dan bagaimana tolok ukurnya
  • Apa bedanya antara manusia biasa dan manusia Buddha
  • Apa ukuran bener menurut Dhamma
  • Inspirasi apa yang bisa didapat dari Buddha.

Semoga dari Ceramah Dhamma ini dapat memberikan inspirasi dan dorongan semangat kepada anda semua untuk mempelajari dan mempraktekkan Buddha Dhamma. Semoga Anda Berbahagia.

5 Comments »

  • Mr. Baihaqi says:

    Uraiannya sangat bagus dan luar biasa. Excellent. Thank you Bhante Dhammasubho Mahathera. Be a great man and be an Enlightened Man.

  • Tonny Winata says:

    Sungguh ceramah singkat yg padat, menarik sekali dan dibawakan dengan begitu bersemangat oleh Bhante Dhammasubho.

    Sayang sekali ceramahdhamma.com menyensor keterangan tentang posisi ( agama) simpatisan Buddhis di Sulawesi yang menemui bhante dalam ceramah ini. Padahal disampaikan tanpa unsur promosi ataupun menjelek2kan agama lain, tidak seperti kalau misalnya umat Buddha yg pindah ke agama lain dan malah diekpose di media cetak ataupun elektronik oleh agama lain tersebut. Saya pikir wajar saja disebutkan oleh Bhante dan tidak perlu disensor.

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya atas dedikasi Pak Untung menyebarkan ceramah2 bermutu ke kalangan umat Buddha.

  • Semoga dengan adanya pencerahan DHAMMA ini , membawa kita terlepas dari penderitaan dan mendapatkan kebahagiaan sejati..Sadhu Sadhu Sadhu

  • Dianny says:

    Many Thanks…..
    Tremendous Dhamma :D

  • herdian says:

    ucapan trm ksh bwt bro untung yg telah mengirimkan ceramah dhamma ini, walaupun sy berada jauh di kota lain, tp saya bisa mendengarkan ceramah dr para Bhikkhu dan romo pandita! saya mohon untuk trs dikirmkan ceramah2 yg lain, mungkin jg ceramah dr bhante yg berada di luar daerah….! SSB, sadhu….!

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image