Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cornelis Wowor MA

Karmalah Pelindungku

Submitted by Untung on April 30, 2010 – 7:00 pm10 Comments

Karmalah PelindungkuDear Kalyana Mitta,

Sebagai seorang umat Buddha, salah satu hukum universal yang harus diyakini adalah hukum Karma. Namun sebagai orang awam (puttujana) jalannya hukum karma masihlah sebuah misteri. Kita tidak dapat secara pasti mengatakan bahwa hasil ini akibat dari perbuatan itu. Sebab ini membuahkan akibat itu. Jalannya hukum karma tidaklah mungkin sesederhana demikian, dengan perkecualian adalah perbuatan yang kwalitasnya sangat tinggi baik itu buruk maupun berguna. Buah dan akibatnya tertulis jelas dalam kitab suci.

Meskipun kita tidak mengetahui jalannya hukum karma, kita tetap harus mempunyai satu pedoman dasar yang kita yakini yang berkaitan dengan hukum karma,  yaitu tidak ada akibat tanpa suatu sebab dan tidak ada sebab yang tidak membuahkan akibat.

Hal lain yang dapat diyakini adalah Karma/perbuatan kita lah sebagai pelindung kita. Baik ataupun buruk itulah yang kita warisi.

Bapak Cornelis Wowor dalam ceramah dhammanya menerangkan bahwa pada saat kita tidak berdaya dalam menghadapi suatu mara bahaya, maupun bencana alam, Karmalah sesungguhnya yang jadi pelindung kita.

Bapak Cornelis Wowor menceritakan sebuah cerita dalam Dhammapada Atthakata yang berkaitan dengan hal diatas. Lebih dari 30 menit ceramah berisi cerita tentang seorang yang bernama Kotuhalaka/Gosaka.

Ceramah yang berisi tanya jawab tentang topik ini akan kami posting dalam kesempatan lain.

Silakan disimak ceramah dhamma bapak Cornelis Wowor mengenai Karma sebagai pelindung sejati kita dengan mengklik tombol Play dibawah ini.

[0:56:39]  9.72 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Karmalah Pelindungku’ 9.72 MB
Semoga ceramah dhamma tersebut dapat kita renungi sehingga menambah kebijaksanaan kita. Semoga anda berbahagia.

10 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image