Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Kamsai

Renungan Kebajikan

Submitted by Untung on March 30, 2013 – 6:56 am4 Comments

renungan kebajikan Renungan Kebajikan, Oleh : Bhante Kamsai

Renungan kebajikan yang diberikan oleh Bhante Kamsai seperti biasa menyangkut kehidupan sehari-hari kita. Perbuatan positif harus direnungi dengan kebijaksanaan. Contoh ekstrim nya adalah sifat ‘rajin’ adalah suatu hal yang positif. Tetapi apakah rajin pasti membawa kebaikan? belum tentu.

Bhante Kamsai mengatakan bahwa seorang pencuri juga bisa rajin, dan dia bisa dengan rajin mencuri. Rajin nya seorang pencuri tidak membawa kebaikan dan manfaat sama sekali, meskipun sifat rajin adalah baik sekali.

Sebagian Umat Buddha menyenangi patung Sivali karena Sivali dianggap merupakan simbol kemakmuran.  Anggapan ini muncul karena mengingat saat Bhante Sivali melaksanakan pindapatta maka beliau selalu mendapatkan makanan yang berlimpah, walaupun Bhante Sivali ber pindapatta di daerah yang miskin. Mengapa bisa begitu? karena jika Bhante Sivali mempunyai rencana akan berpindapatta ke satu tempat maka tempat tersebut dalam waktu tujuh hari akan mendapatkan kemakmuran. Bhante Kamsai menceritakan bagaimana perbuatan dana yang dilakukan oleh bhante Sivali dalam kehidupan lampaunya sehingga berbuah seperti itu.

Jalannya hukum Karma memang hanya seorang Buddha yang mengetahui karena tidak selamanya peristiwa ikatan antara sebab dan akibatnya sederhana. Kia ingat bagaimana bhante Mogallana yang meskipun seorang arahat masih mengalami peristiwa yang sangat menyedihkan saat meninggalnya.

Bhante Kamsai menceritakan juga bagaimana seorang Theri ( Thera untuk pria, Theri untuk wanita) yang telah menjadi seorang Arahat masih mengalami penderitaan fisik menjadi korban perkosaan.

Seorang Arahat sudah terbebas dari semua jenis penderitaan mental, tetapi tidak untuk jasmani. Seorang jasmani arahat masih bisa mengalami penderitaan sakit dan tua. Tetapi berbeda dengan kita, kesakitan dan ketuaan seorang arahat tidak menimbulkan penderitaan batinnya. Sakit dan tua bagi seorang Arahat hanya merupakan konsekwensi dari memiliki jasmani akibat kelahiran sebagai manusia.

Silakan anda mendengarkan secara lengkap ceramah Dhamma dari Bhante Kamsai mengenai renungan kebajikan dengan mengklik tombol ‘play’ dibawah ini atau mengunduh berkas Mp3 nya jika ingin didengarkan lewat ‘player’ lainnya.

Ceramah Dhamma Bhante Kamsai ‘Renungan Kebajikan’

[01:28:35]  15.2 MB
Download Renungan Kebajikan 15.2 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda selalu sejahtera dan berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu.. sadhu.. sadhu.

4 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image