Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Suhu Xian Xing

Bagaimana Bertindak Agar Bahagia

Submitted by Untung on December 9, 2010 – 6:26 am2 Comments

Bagaimana bertindak agar bahagiaDear Kalyanamitta, Namo Buddhaya.

Suhu Xianxing membabarkan bagaimana bertindak agar bahagia berdasarkan cara beliau. Setiap orang mendefinisikan bahagia secara berbeda-beda. Tingkat kebahagiaan setiap orang juga berbeda. Kondisi yang sama bisa menimbulkan rasa bahagia pada seseorang, sementara buat orang lain kondisi itu belum dapat membahagiakannya.

Buddhism pada dasarnya tidak melihat sumber kebahagiaan berada dari luar diri kita. Itulah yang bisa menjelaskan mengapa kondisi yang sama menimbulkan tingkat kebahagiaan yang berbeda, karena salah dalam mengasumsikan sumber kebahagiaan.

Suhu Xian Xing memberikan beberapa tip bagaimana kita diharapkan bertindak agar bahagia. Kebahagiaan bermula pada tindakan kita sendiri bukan pada kondisi luar. Jika kita bisa mengkelola pikiran, perbuatan serta ucapan kita, apapun kondisi yang kita hadapi tetap akan membawa kebahagiaan untuk diri kita. Mudah untuk mengatakannya namun seumur hidup belum tentu berhasil melakukannya.

Suhu Xian Xing memberikan tip-tip sederhana yang dapat kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari kita. dalam ceramahnya ini juga suhu Xian Xing membabarkan pendapatnya mengenai melakukan pembunuhan terhadap nyamuk. Pertanyaan klasik dari umat awam. Di satu sisi melakukan perbuatan membunuh namun disisi lain kita menghindari penyakit demam berdarah. Jawaban yang diberikan suhu Xian Xing cukup bijaksana.

Dalam Buddhism bisa saja suatu perbuatan mempunyai dua sifat, perbuatan yang buruk dan perbuatan bermanfaat sekaligus terjadi. Kedanya akan membawa akibat masing-masing. Jika prinsip dasar ini bisa kita pahami tidak akan ada lagi kebingungan menghadapi persoalan seperti ini.

Contoh yang lain adalah cerita klasik mengenai Robin Hood yang merampok orang-orang kaya dan membagikan hasil rampokannya kepada orang miskin. Buddhism tidak bisa semata-mata menyimpulkan perbuatan itu sebagai baik atau buruk namun Buddhism akan mengatakan perbuatan merampok yang dilakukannya akan membawa akibat buruk untuknya dan perbuatan berdana kepada orang miskin akan membawa akibat baik buat dirinya. Itu pasti.

Suhu Xian Xing juga menjawab dengan pragmatis mengenai pertanyaan apakah ada paritta yang bisa dibacakan agar kehidupan rumah tangga menjadi harmonis dan langgeng. Jawaban Suhu Xian Xing juga dapat diterapkan untuk pertanyaan-pertanyaan serupa.

Silakan kalyanamitta mendengarkan uraian Dhamma dari Suhu Xian Xing secara online dengan mengklik tombol play dibawah ini . Bagi para kalyanamitta yang sudah menjadi member ceramahdhamma.com silakan mendownload file mp3 nya jika ingin didengarkan di tempat lain.

Ceramah Dhamma Suhu Xian Xing Bagaimana Bertindak Agar Bahagia

[0:45:34]   7.82 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Bagaimana Bertindak Agar Bahagia’ 7.82 MB

Semoga Kalyanamitta berbahagia. Semoga semua makhluk bebas dari penderitaan batin dan jasmani. Salam sejahtera dalam Dhamma.

2 Comments »

  • lili says:

    Namo Budhaya

    Sungguh indah dharma desana dari suhu Xian Xing Semoga bermanfaat dalam kehidupan kita semua dan semoga semua mahluk berbahagia.

    Anumodana

  • Novy says:

    Nammo Buddhaya,

    Sebuah Dhammadesana yang indah dari Suhu Xian Xing,
    mendengar Dhammadesana ini mengingatkan kita agar di setiap Pikiran,Ucapan maupun Perbuatan kita bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.Hal ini didukung dengan Ketulusan agar kita maupun orang lain dapat memperoleh Kebahagiaan,paling tidak
    bisa mengurangi penderitaan.

    Anumodana.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image