Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Budiyono Tantrayoga

Tujuh Cara Mengukur Kebajikan Kita

Submitted by Untung on August 24, 2015 – 8:16 pm8 Comments

Tujuh Cara mengukur Kebajikan KitaCeramah Dhamma Tujuh Cara Mengukur Kebajikan Kita oleh Romo Budiyono Tantrayoga, Vihara Pluit Dharma Sukha, Juli 2015

Sebenarnya kita tidak perlu mengukur apakah kebajikan kita sudah cukup atau tidak. Karena dengan mengukurnya seolah olah kebajikan ada batasnya. Padahal kebajikan harus terus dibuat tanpa perlu merasa cukup atau tidak.

Romo Budiyono Tantrayoga menmberikan khotbah Dhamma dengan topik tujuh cara mengukur kebajikan kita dengan tujuan untuk memotivasi kita untuk tetap terus berbuat baik.

Mudah saja untuk mengukur kebajikan kita, apakah sudah memadai atau masih jauh panggang dari api. Buddha mengatakan untuk mengetahui apa yang kita telah perbuat di masa lalu, lihatlah kualitas hidup yang kita jalani sekarang. Jika saat ini kualitas hidup kita sudah baik, maka dipastikan perbuatan masa lampau kita cukup baik juga.

Tujuh cara mengukur kebajikan kita yang di jelaskan oleh Romo Budiyono Tantrayoga, tentu saja juga lewat cara melihat kualitas hidup kita saat ini. Ke tujuh cara tersebut adalah:

  1. Lihatlah dalam hidup anda, berapa sering saat anda membutuhkan pertolongan, lalu anda segera mendapatkan pertolongan. Berapa banyak yang kemudian datang menolong anda?
  2. Seberapa sering anda merasakan kekecewaan, sakit hati, marah, benci karena perlakuan orang lain terhadap anda?
  3. Seberapa sering anda menemui masalah dan hambatan dalam hidup ini? Seberapa besar hambatan tersebut?
  4. Apakah anda merasa walaupun anda telah sering berbuat baik, namun anda tetap senang dan tetap selalu ingin membantu dan menolong orang lain?
  5. Seberapa sering anda mendapatkan rejeki yang tidak terduga sebelumnya, seperti mendapat lotere dan menang undian? Seberapa besar rejeki tersebut?
  6. Apakah anda sudah sukses dan lancar lancar saja dalam mencapai kesuksesan tersebut?
  7. Jika hidup anda saat ini sudah sukses dan harta berlimpah, apakah sebelum meninggal harta anda tidak musnah karena sebab sebab berikut ini?
    • karena mendapat musibah air
    • karena mendapat musibah api
    • karena mendapatkan masalah dengan penguasa/pemerintah
    • karena mendapat musibah kriminal/penipuan
    • karena dihabiskan oleh keturunan.

Sebenarnya selain tujuh cara mengukur kebajikan kita yang diterangkan diatas, kita juga dapat melihat kadar kebajikan kita dengan melihat arti dari Mangala Sutta tentang berkah termulia. Contohnya: Jika saat ini kita ber tempat tinggal di daerah yang nyaman, mudah mencari uang, aman itu berarti perbuatan baik masa lampau kita sudah banyak. Bisa juga dengan melihat apakah pekerjaan yang kita lakukan sekarang sudah sesuai dengan kesenangan kita atau terpaksa karena hanya pekerjaan itu yang ditawarkan kepada kita. Dan banyak cara cara lain untuk mengukur kebajikan kita.

Untuk lebih jelasnya, silakan anda mendengarkan secara lengkap ceramah Dhamma oleh romo Budiyono Tantrayoga tentang tujuh cara mengukur kebajikan kita. Tentu saja dalam ceramah ini pun Romo Budiyono Tantrayoga sedikit menyinggung tentang Feng Shui dan Ba zi berhubungan dengan Dhamma karena hal ini ditanyakan oleh seorang umat dalam sesi tanya jawab.

Ceramah Dhamma Romo Budiyono Tantrayoga ‘Tujuh Cara Mengukur Kebajikan Kita’

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Tujuh Cara Mengukur Kebajikan Kita”, Romo Budiyono Tantrayoga 15.2 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Tujuh Cara Mengukur Kebajikan Kita”, Romo Budiyono Tantrayoga 15.2 MB

Selamat mendengarkan, Semoga anda tetap terus bersemangat untuk memupuk kebajikan dalam hidup ini. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu…Sadhu…Sadhu..

8 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image