Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Suhu Xian Xing

Bagaimana Mengatasi Kebimbangan

Submitted by Untung on July 24, 2011 – 9:22 am2 Comments

Bagaimana Mengatasi Kebimbangan Oleh: Suhu Xian Xing

Siapa yang tidak pernah mengalami kebimbangan? Sebagai manusia biasa, wajar saja jika kita mengalami kebimbangan. Yang tidak wajar adalah jika kita selalu diliputi kebimbangan. Bagaimana mengatasi kebimbangan tersebut?

Kebimbangan dapat disebabkan oleh banyak hal. Kebimbangan dapat berlanjut menjadi rasa cemas. Cemas dan khawatir karena tidak mampu memutuskan suatu masalah. Cemas dan khawatir apakah keputusan yang diambil akan tepat karena diputuskan dalam kebimbangan.

Walaupun penyebab rasa bimbang bisa bervariasi, namun sumbernya pasti satu. Sumber dari kebimbangan kita adalah kita tidak mempunyai data, keahlian, informasi lengkap dan keyakinan terhadap masalah yang kita hadapi. Makanya kita diliputi kebimbangan.

Ragu terhadap pasangan hidup kita juga disebabkan karena kita merasa tidak punya data lengkap tentang dia. Kalau kita tahu semua tentang dia dan kita yakin apa yang kita tahu itu sudah benar maka keraguan dan kebimbangan terhadapnya akan lenyap.

Dalam ceramah Dhammanya kali ini seorang umat menanyakan kepada Suhu Xian Xin bagaimana mengatasi kebimbangan. Kebimbangan dalam semua hal menurut suhu Xian Xing dapat diatasi dengan menambah pengetahuan dan keahlian kita. Semakin kita ahli dan ber pengetahuan dalam satu hal maka kita tidak akan mungkin mempunyai kebimbangan dalam hal tersebut. Itulah sebabnya saat kita bimbang dan ragu, kita mencari teman atau orang yang kita anggap mampu dalam hal tersebut dan meminta petunjuknya. Namun bagi si peragu akan timbul lagi keraguan apakah nasihat yang dia terima dari teman tersebut benar atau tidak. Jadi semuanya akan berpulang kepada diri kita sendiri.

Kebimbangan dan keragu-raguan terhadap Dhamma, ajaran Buddha juga dapat diatasi dengan menambah pengetahuan dan keyakinan akan ajaran Buddha. Keyakinan akan diperoleh antara lain selain dengan banyak membaca namun yang terpenting adalah kalau kita sudah mengalami sendiri kebenaran akan ajaran Buddha setelah mempraktekannya. Praktek dan mengalami sendiri akan menimbulkan keyakinan sejati yang akan menghilangkan semua kebimbangan terhadap Dhamma. Salah satu praktek yang baik adalah meditasi.

Topik dalam ceramah Dhamma suhu Xian Xing kali ini adalah enam paramita. Apa yang dimaksud dengan paramita? apa saja ke enam paramita tersebut? lalu buat apa kita harus melaksanakan ke enam paramita tersebut? Bagaimana kita melaksanakannya dengan benar?

Uraian dan jawaban yang diberikan oleh suhu Xian Xing dalam setiap ceramah Dhamma nya harus dimengerti dalam konteks  beliau adalah seorang Bhikkhuni dengan latar belakang dari tradisi Mahayana.

Silakan anda meng-klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan ceramah Dhamma suhu Xian Xing. Silakan untuk mengunduhnya jika ingin didengarkan pada kesempatan lain. Untuk mendapatkan username dan password agar dapat mengunduh anda harus menjadi member ceramahdhamma.com,  Gratis.

Ceramah Dhamma Suhu Xian Xing ‘Bagaimana Mengatasi Kebimbangan’

[01:14:23]  12.7 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Bagaimana Mengatasi Kebimbangan 12.7 MB

Selamat mendengarkan semoga anda dapat mengatasi rasa bimbang yang anda miliki sekarang ini. Salam Sejahtera.

2 Comments »

  • frans says:

    Luar biasa, sungguh sangat cocok dengan kondisi saat ini dan benar benar sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang mendengarkannya

    • nengahbatindra says:

      semua ini sangat membantu proses yang terjadi pada saya saat ini . yang mana saya mengalami kondisi sanagat bingung ,bapak saya saat ini sakit keras dan diponis sakit jantung . saya jalani dengan rasa yang gundah dan gelisah . bagai mana tidak bpk masih di rawat dirumah sakit.tanpa banyak pegang uang ,dan sungguh beruntungnya diri saya baru saja saya dapat artikel@ yang sungguh sangat menentukan pola dan cara pikir saya yang tadinya sedih ,gelisah yang bercampur bingung kini terjawab inti dari itu sudah lebur dalam pikiranku

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image