Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Kheminda

AME1 Tanya Jawab Hari 1 dan 2

Submitted by Untung on November 6, 2011 – 10:50 am17 Comments

Abhidhamma Made Easy Bhante Kheminda Abhidhamma Made Easy 1, Tanya Jawab hari pertama dan kedua Oleh: Bhante Kheminda.

Postingan kali ini berisi pertanyaan pertanyaan yang timbul pada kursus Abhidhamma Made Easy 1 hari pertama dan kedua serta jawaban yang diberikan oleh Bhante Kheminda. Bagi anda yang mengikuti kursus tersebut secara langsung mungkin merasa ada pertanyaan yang tidak dimunculkan dalam postingan ini, maka hal tersebut disebabkan karena pihak panitia Abhidhamma Made Easy 1 Vihara Pluit Dharma Sukha sudah mengeditnya terlebih dahulu.

Postingan yang berhubungan: AME 1 Bhante Kheminda

Tanya Jawab Abhidhamma Made Easy 1 hari pertama Oleh Bhante Kheminda

  • Semua Agama saya anggap merupakan filsafat. Dalam filsafat tidak dikenal adanya kebenaran yang absolut maupun ketidakbenaran yang absolut. Semuanya bersifat relatif dan subjective. Bagaimana Abhidhamma menanggapi pendapat yang seperti itu?
  • Dalam satu jentikan jari dikatakan ada milyaran kesadaran yang timbul dan tenggelam. Bagaimana seseorang yang sudah mencapai tingkatan batin tertentu dapat mempertahankan kesadaran yang timbul tenggelam itu dari pengaruh lobha, dosa dan moha
  • Bagaimana Abhidhamma dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam hal membimbing anak dengan jalan memarahi anak.
  • Bagaimana kita bisa mengendalikan pikiran tidak baik yang muncul sedangkan kita masih diliputi kekotoran batin.
  • Saya sangat sulit bermeditasi, karena saat bermeditasi pikiran saya sibuk dengan pembicaraan sendiri. Bagaimana cara mengatasinya? Apakah Abhidhamma dapat membantu proses latihan meditasi kita ke arah lebih baik?

[0:52:23]    8.99 MB

Download Tanya Jawab Abhidhamma Made Easy 1 day 1 8.99 MB

Tanya Jawab Abhidhamma Made Easy 1 hari Kedua Oleh Bhante Kheminda

  • Jika saya mengerjakan sesuatu dengan konsentrasi tinggi, pekerjaan terselesaikan dengan baik dan cepat tetapi saya mengalami ketegangan-ketegangan fisik. Jika dikerjakan dengan konsentrasi yang diturunkan tidak timbul ketegangan namun pekerjaan menjadi lambat. Bagaimana kiat untuk menghadapi keadaan tersebut?
  • Dikatakan bahwa kita tidak boleh berpraduga. tetapi pengalaman saya ,jika saya tidak berpraduga buruk terhadap seseorang biasanya saya malah jadi tertipu. Bagaimana mengatasinya?
    Saat berpraduga buruk kadang saya menyadarinya lalu saya katakan bahwa praduga itu tidak baik. Apakah hal tersebut juga sudah merupakan karma?
  • Bagaimana Abhidhamma menjelaskan proses sel-sel dalam tubuh sepanjang perioda kelahiran dan kematian seseorang?

[0:27:02]   4.64 MB

Download Tanya jawab Abhidhamma Made Easy 1 day 2 4.64 MB

Selamat mendengarkan. Semoga dapat menambah wawasan dan kebijaksanaan anda semua. Semoga anda berbahagia. Salam Sejahtera.

Postingan yang berhubungan: AME 1 Bhante Kheminda

17 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image