Nasihat dan Renungan Dhamma
December 12, 2014 – 7:49 pm | No Comment

Bhante Kamsai, Vihara Pluit Dharma Sukha Desember 2014
Jika kita renungkan, banyak sekali di antara kita yang tidak menyukai apa yang menjadi pekerjaan dan tugas kita. Contohnya, Bhante Kamsai menanyakan kepada para pelajar yang bersekolah dari …

Baca dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

Dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Dr. Krishnanda W. Mukti

Rudy Arijanto

Kumpulan Ceramah dari Bapak Rudy Arijanto

Sri Pannavaro Mahathera

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhante Sri Pannavaro Mahathera

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cunda J Supandi

Kebenaran Tunggal Dalam Agama Buddha

Submitted by Untung on August 9, 2013 – 4:04 pm4 Comments

Kebenaran Tunggal dalam Agama Buddha Kebenaran Tunggal Dalam agama Buddha  oleh: Cunda J. Supandi

Apa yang dimaksud oleh Romo Cunda J. Supandi sebagai kebenaran tunggal dalam agama Buddha? Apakah sama dengan pengertian kebenaran tunggal dalam agama yang lain?

Romo Cunda J. Supandi mengatakan kebenaran tunggal dalam agama Buddha berbeda dengan agama lain karena sesungguhnya agama Buddha dapat dikatakan memang merupakan agama yang berbeda dengan agama agama besar lain yang ada di dunia.

Ambil contoh perkataan bahwa hidup ini adalah Dukkha, yang sering di salah artikan secara sederhana bahkan oleh umat Buddha sendiri sebagai hanya hidup ini adalah penderitaan. Padahal pengertian dukkha bukan hanya sekedar penderitaan dalam pengertian umum kita sehari-hari. Dukkha juga mengandung pengertian tentang perubahan, ketidak puasan, kondisi kondisi sankhara.

Dengan pengertian di atas kebahagiaan duniawi masuk ke dalam pengertian dukkha tersebut. Jadi agama Buddha bukanlah agama pesimis jika mengatakan hidup ini adalah dukkha, karena pengertian dukkha ini tidak se sederhana seperti dalam pengertian umum tentang penderitaan.

Kebahagiaan yang di tuju oleh umat Buddha adalah Nibbana, kebahagiaan mutlak, kebahagiaan tertinggi. Kebahagiaan yang hanya bisa di peroleh setelah keserakahan, kebencian serta kebodohan batin lenyap tak bersisa. Pemahaman batin secara langsung terhadap Anicca, Dukkha dan Anatta harus diperoleh lebih dahulu.

Silakan anda mendengarkan ceramah Dhamma oleh romo Cunda J. Supandi tentang kebenaran tunggal dalam agama Buddha yang dibawakan dalam kebaktian Sabtu sore di vihara Pluit Dharma Sukha. Untuk mendengarkan secara streaming silakan klik tombol play di bawah ini. Untuk mengunduhnya silakan menggunakan username dan password yang telah diberikan kepada semua anggota.

Ceramah Dhamma  Cunda J. Supandi  ‘Kebenaran Tunggal Dalam Agama Buddha’

[01:41:26]    17.4 MB

Download Kebenaran Tunggal Dalam Agama Buddha 17.4 MB

Selamat mendengarkan. Semoga bermanfaat dan mendatangkan kebahagiaan untuk anda semua. Sadhu.. sadhu.. sadhu..

4 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image