Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Rudy Arijanto

Dewa Dalam Tridharma

Submitted by Untung on August 13, 2012 – 6:48 pm11 Comments

Dewa Dalam Tridharma Dewa Dalam Tridharma  oleh: Rudy Arijanto

Dewa Dalam Tridharma? apa maksudnya? Tridharma adalah sebuah aliran agama Buddha di Indonesia yang memasukkan unsur Taoisme (Tao) dan Confucianism (Kong Hu Cu) disamping agama Buddha itu sendiri.

Selain keberadaan candi Borobudur, Aliran Tridharma ini  boleh dikatakan juga membuat andil dalam kelahiran kembali ajaran agama Buddha di Indonesia, pasca kedatangan Bhante Naradha ke Indonesia ( Hindia Belanda saat itu) pada tahun 1934.

Tridharma sangat kental sekali nuansa budaya Tionghoanya, mungkin ini pula yang menyebabkan masih ada anggapan bahwa umat Buddha identik dengan orang Tionghoa. Sejarah yang mengatakan bahwa dahulu  Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya merupakan kerajaan Buddha di Indonesia menjadi seolah-olah terlupakan.

Mengapa saya katakan Dewa dalam Tridharma? karena walaupun agama Buddha mengenal alam dewa dalam 31 alam kehidupan, Namun dalam postingan ini yang diceritakan adalah dewa dewa yang lebih ke arah Taois dan Confucianism nya. Agama Buddha aliran Selatan maupun Tibet tentu saja tidak mengenal dewa dewa ini. kecuali Dewi Kwan Im yang di padankan dengan Bodhisatva Avalokitesvara.

Kita tidak perlu mempermasalahkan hal diatas , karena masih banyak umat Buddha Indonesia yang bersifat Tionghoa tradisional maka ada baiknya ceramah Romo Rudy Arijanto ini disimak. Ada pelajaran serta pengertian pengertian yang berharga di dalamnya.

Silakan mendengarkan ceramah Dhamma dari Romo Rudy Arijanto dengan meng-klik tombol play dibawah ini. Atau silahkan mendownloadnya jika anda menginginkannya.

Ceramah Dhamma Romo Rudy Arijanto ‘Dewa dalam Tridharma’

[1:07:55]    11.6 MB
Download Dewa dalam Tridharma 11.6 MB

Semoga bermanfaat. Semoga anda berbahagia. Sadhu…

11 Comments »

  • Hendi says:

    Selamat pagi,
    Terima kasih kami telah di beri kesempatan menjadi member yang dapat men download rekaman ceramah.
    Tapi disini kami ingin bertanya,entah kenapa download yg saya lakukan ceramahnya hanya berjalan setengah terus mengulang lagi.
    Saya memakai iPhone 6,apa ada setting2 yg perlu dibuat dan saya belum lakukan.
    Mohon bantuan dan pentunjuknya.

    Salam sejahtera
    Amitaba
    Hendi W

    • Untung says:

      Dear Pak Hendi,
      Coba bapak download dengan menggunakan komputer, Hasilnya baru di transfer ke iphone bapak. Sampai saat ini file ceramahdhamma.com belum dapat di unduh lewat iOS apple. Terima kasih.

  • andika says:

    terimakasih sebalumnya saya ucapakan atas tulisan dan jug ceramah yg d sampaikan, namun belum menjawab semua pertanyaan saya mengenai tridharma.

    begitu banyak opini yg berkembang mengenai tridharma, ada yg mengatakan aliran dalam agama budha, ada yg mengatakan agama tersendiri, dan ada jug yg mengatakan tridharma hanyalah semacam organisasi atau perkumpulan dari 3 ajaran.
    manakah yg benar dari ketiga opini diatas?

    lalu saya juga bingung dengan kedudukan tridharma, sebagai aliraan dalam agam budha, apakah ajaran tridharma mengutmakan ajaran budha dengan penambahan ajran dr KHC atau Tao?
    sebagai agama yg berdiri sendiri bagaimana bentuk keagamaan y, kitab suci, ketuhanan, kepercayaan, lalu bagaimana kedudukan budha, lao tze, dan konfutze dalam keyakinan mereka.

    mhon maaf jika opini dan pertanyaan saya salah, sudilah kira y para bante, romo, bikku/bikuni yg menjadi admin web ini untuk menjelaskan,

    klw boleh saya minta ada pmbahasan khusus mengenai tridharma ini. dari sejarah, ajran dan perkembangan y,,

    salam,

  • [...] Tridharma, berikut ada sebuah ceramah Dhamma dari Romo Rudy Arijanto yang dapat didengarkan pada Dewa Dalam Tridharma | Audio Ceramah Dhamma It's Hard To Accept the Truth When The Lies Were Exactly What You Wanted To Hear [...]

  • Thedi says:

    Halo Admin,

    Saya tidak bisa mendengarkan ceramah ini tetapi tidak bisa mendownloadnya, kalau dari url http://www.ceramahdhamma.com/download_khotbah/dewa-dalam-tridharma1.mp3 pesannya adalah file tidak ditemukan, tolong di cek lagi url atau filenya.

    Terima kasih. Thedi

  • yinyin says:

    Kok ga bisa didownload ya?
    Site not found gitu.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image