Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Kamsai

Jika Garam Asinnya maka Manusia Silanya

Submitted by Untung on October 20, 2010 – 12:49 pm5 Comments

Sila Manusia Dear Bapak, Ibu Namo Buddhaya,

Apa maksud judul diatas?, Jika Garam Asinnya maka Manusia Silanya maksudnya adalah garam dikenal dan harus mempertahankan rasa asinnya maka manusia seharusnya juga dikenal karena silanya.

Sama seperti garam yang akan kehilangan identitasnya jika tidak terasa asin maka demikian juga manusia yang tidak menjalankan sila. Sila yang dimaksud disini adalah Lima sila (Pancasila) Buddhis.

Bhante Kamsai disamping menerangkan mengenai pentingnya kita untuk bisa menjalankan sila, juga membabarkan agar kita bisa menerima secara alami kondisi yang datang kepada kita. Secara alami maksudnya kita sadar apapun yang datang harus kita terima dengan tenang. Secara Alami juga bisa diartikan sesuai dengan hukum alam, segala sesuatu akibat pasti ada sebabnya. Alami juga bisa bermakna sesuai dengan alam, bukan dibuat-buat secara artificial.

Saat kejadian buruk menimpa kita, dapatkah kita bersikap tenang dan dapat menerima hal tersebut sebagai sesuatu yang alami.  Bukan menerima  dalam artian bersikap pasrah pasif tanpa ada tindakan, Namun dalam pengertian bisa bersikap aktif.

Dalam ceramahnya Bhante Kamsai menceritakan ketika mengunjungi seorang umat yang mengalami luka bakar, namun yang bekerja dalam melayani Bhikkhu Kamsai justru umat yang mengalami luka bakar  tersebut. Ini menunjukkan musibah yang dialaminya dapat diterima dengan tenang, dan umat tersebut dapat tetap aktif melayani Bhikkhu yang datang mengunjunginya.

Simak juga saran dari Bhante Kamsai jika ingin melakukan perbuatan Fang Shen agar kita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari perbuatan baik tersebut.

Silakan Bapak Ibu mengklik tombol play dibawah ini atau bagi member ceramahdhamma.com silakan mendownloadnya.

Ceramah Dhamma ‘Jika Garam Asinnya maka Manusia Silanya’  Bhante Kamsai

[01:24:48] 14.5MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Jika Garam Asinnya maka Manusia Silanya’ 14.5 MB

Selamat mendengarkan. Semoga Bapak, Ibu berbahagia.

5 Comments »

  • ferry sugatha says:

    Namo amitofo.. Salam dlm dharma. namo buddhaya…. terima kasih kpd http://www.ceramahdhamma yg mana bnyk mwmbantu umat buddhis..khususnya indonesia tercinta .semoga kebajikan anda dpt memperindah tanah suci para buddha..semoga para makhluk hidup berbahagia..sadhu3x

  • siuguat says:

    makasih ko dah diupload ceramah nya, amitopho ….

  • rudychan says:

    namao buddhaya,

    menurut saya ceramahdhamma ini sangaat berguna sekali bagi saya karena bisa menambah kebijaksanaan saya yang mana sangat menbantu saya dalam menghadapi kehidupan ini yang tidak kekal dan sering berubah-ubah baik dukkha maupun sukkha dalam kehidupan saya ini… pada waktu saya sedang menghadapi masalah ataupun beban mental yang sedang saya hadapi terlalu berat saya selalu teringat untuk menbuka ceramah dhamma untuk saya dengar khotbah-khotbah dharma yang ada di ceramahdhammmaonline saya kemudiaan menbuat suasana hati saya terhibur dan menbantu saya dalam menghadapi cobaan maupun masalah yang sedang saya hadapi.
    dan saya mau mengucapkan terimakasih kepada semua orang yang ikut terlibat dalam menbuat ceramahdhammaoline ini dan kepada semuanya yang selalu mengpostingkan ceramahdhamma ini ke email saya… terutama kepada bro untung.
    semoga semua umat berbahagia selalu.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image