Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Kamsai

Bersiaplah Untuk Meminta Maaf

Submitted by Untung on July 14, 2013 – 9:37 pm5 Comments

Bersiaplah untuk Meminta Maaf Bersiaplah untuk Meminta Maaf. Oleh: Bhante Kamsai

Betapa kita sering mengalami peristiwa salah paham di antara teman, keluarga, organisasi. Kala terjadi ke salah pahaman apakah kita cukup berbesar hati bersiap untuk meminta maaf?

Mengapa terjadi salah paham? kadang hanya karena kita memang salah memahami orang lain. Kita sering melihat orang lain menggunakan ukuran dan kacamata kita sendiri yang bisa saja berbeda dengan orang tersebut.

Tiap orang mempunyai karakter yang berbeda, mempunyai sifat yang berbeda. Bhante Kamsai dalam ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharma Sukha mengatakan, manusia terbagi ke dalam enam golongan kecenderungan yaitu:

  1. Orang yang memiliki Raga Carita. Orang yang lebih bersifat kepada keserakahan maupun suka kepada sesuatu yang bisa merangsang indera seperti mata,telinga, hidung, kulit.
  2. Orang yang memiliki Dosa Carita. Orang yang sangat mudah marah.
  3. Orang yang memiliki Moha Carita. Orang yang cenderung bergerak dan berpikir lambat.
  4. Orang yang memiliki Saddha Carita. Orang yang memiliki suatu prinsip serta keyakinan akan sesuatu yang sangat kuat
  5. Orang yang memiliki Vitakka Carita. Orang yang mudah sekali merasa khawatir, gugup dan tidak tenang.
  6. Orang yang memiliki Buddhi Carita. Orang yang memiliki kebijaksanaan.

Ketika orang yang berbeda karakter bersentuhan, maka resiko terjadinya ke salah pahaman akan lebih besar dibandingan diantara sesama jenis karakter.

Namun diantara sesama karakter pun peluang kesalah pahaman bisa terjadi. Ambil contoh pada orang yang sama sama memiliki raga carita, namun yang satu pada telinga sedangkan yang lain pada mata. Maka yang satu akan perpandangan lebih dominan lewat pendengaran dia dan yang lain lebih dominan menilai lewat apa yang di lihat. Kedua orang tersebut dapat berbeda penilaiannya terhadap satu hal yang sama. Salah paham dapat terjadi.

Itulah sebabnya jika kita mengerti kecenderungan diatas, jika terjadi salah paham, maka sebaiknya kita selalu bersiap untuk meminta maaf, karena bisa saja sesungguhnya tidak ada yang salah maupun berbeda. Cuma cara pandang berbeda dan dari sudut mana suatu hal dinilai.

Selain itu jika saja kita bisa meredam emosi kita maka sesungguhnya kita akan jauh merasa lebih baik. Tiap orang berbeda. Tiap orang bisa sama sama benar walaupun punya pendapat yang berbeda.

Silakan anda mendengarkan ceramah Dhamma dari Bhante Kamsai yang dibawakan dengan gaya ringan dan jenaka. Silakan klik tombol play dibawah ini atau silakan mengunduhnya jika perlu. Gunakan username dan password yang sudah diberikan kepada masing masing anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma   Bhante Kamsai  “Bersiaplah Untuk Meminta Maaf”

[01:12:17]   12.4 MB
Download Bersiaplah untuk Meminta Maaf 12.4 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda dapat memetik manfaat dari ceramah Bhante Kamsai di atas. Semoga anda berbahagia.

5 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image