Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Dhammasubho Mahathera

Untuk Apa Beragama (Buddha)?

Submitted by Untung on November 2, 2010 – 8:27 pm6 Comments

Mengapa harus beragama BuddhaDear Bapak, Ibu, teman-teman yang terkasih,

Pernahkah terlintas dalam pikiran kita, untuk apa yah kita harus beragama? Kalau kita beragama Buddha pertanyaannya menjadi untuk apa beragama Buddha?

Kita semua yang hidup di negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila, pertanyaan diatas kedengarannya konyol. Tetapi lalu jika keadaannya demikian apakah kita beragama hanya sekedar memang harus mencantumkan agama pada KTP kita? Karena di Indonesia tidak mungkin ada pilihan tidak beragama.

Bisakah sekarang anda menjawab untuk apa beragama Buddha? Bukankah dalam melakukan sesuatu harus ada tujuannya. Nah mungkin disinilah letak persoalannya, karena buat kita masalah tujuan beragama adalah masalah yang tidak pernah dipikirkan, banyak diantara kita yang menjadi lupa tujuan kita beragama Buddha yang sesungguhnya.

Sama seperti jika kita mengerjakan sesuatu tanpa tujuan maka ketika kita tidak tahu tujuan untuk apa beragama Buddha maka dapat dipastikan kehidupan beragama kita pun menjadi tidak jelas, menjadi hambar. Mungkin sekedar memenuhi syarat untuk mengisi kolom di KTP.

Bhante Dhammasubho Mahathera memulai ceramah Dhammanya dengan  mengajukan pertanyaan untuk apa beragama Buddha. Beragama, dalam hal ini beragama Buddha menurut Bhante Dhammasubho Mahathera harus mempunyai  setidaknya dua tujuan yaitu :

  1. Untuk meningkatkan kualitas hidup lahir dan batin
  2. Untuk menghapus penderitaan

Untuk dapat meningkatkan kualitas hidup lahir dan batin, menurut Bhante Dhammasubho Mahathera ada empat hal yang harus dicapai yaitu Kesenangan, Kebahagiaan, Ketenangan dan Kebebasan.

Bhante Dhammasubho Mahathera menerangkan maksud dari ke empat hal diatas dalam ceramah Dhamma nya.

Jika kita bisa yakin dengan tujuan kita maka Bhante Dhammasubho Mahathera pun mengatakan kita harus yakin dengan pilihan kita yaitu agama Buddha. Kita harus fanatik dengan agama Buddha namun ke-fanatik-an itu bukan dalam bentuk menjelek-jelekan, menghina agama lain. Ke fanatikan itu diperlihatkan lewat pendalaman, praktek serta keyakinan yang teguh terhadap ajaran Buddha Gautama.

Bapak, Ibu serta teman-teman sekalian dapat mendengarkan juga konsep dari logika paham banyak surga dalam Buddhism. Agama Buddha mengenal 26 alam surga yang berbeda-beda.

Silakan Bapak, Ibu dan teman-teman sekalian mengklik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan ceramah Dhamma Bhante Dhammasubho Mahathera Atau untuk member ceramahdhamma.com dapat mendownloadnya dengan menggunakan username dan password yang sudah diberikan.

Ceramah Dhamma ‘Untuk Apa Beragama Buddha’ Bhante Dhammasubho Mahathera

[01:15:42]   12.9 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Untuk Apa Beragama Buddha’ 12.9 MB

Semoga Ceramah Dhamma diatas dapat meneguhkan keyakinanberagama kita semua. Semoga berbahagia. Salam sejahtera dalam Dhamma.

6 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image