Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Khemaviro

Menghadapi Usia Tua dan Kematian

Submitted by Untung on October 3, 2015 – 7:31 pm3 Comments

Menghadapi Usia Tua dan KematianCeramah Dhamma Bhante Khemaviro, Vihara Pluit Dharmasukha April 2015

Saat usia beranjak tua, kekhawatiran, kesedihan dan ketakutan sering muncul. Saat kulit mulai keriput, khawatir dan takut mulai muncul. Saat mata mulai rabun dan pendengaran berkurang, rasa khawatir dan takut bertambah karena merasa kematian akan semakin dekat.

Perasaan takut dan khawatir akan kematian pada saat usia tua memang merupakan hal yang wajar. Maka Bhante Khemaviro dalam ceramah Dhamma nya memberikan petunjuk bagaimana kita menghadapi usia tua dan kematian. Bhante Khemaviro mengatakan bahwa agar kita tidak khawatir dan takut dalam menghadapi usia tua dan kematian, kita harus memiliki kebijaksanaan. Yang dimaksud kebijaksanaan dalam hal ini adalah pengetahuan. Bhante Khemaviro dalam Khotbahnya ini menerangkan pengetahuan apa yang harus dimiliki oleh kita agar tidak khawatir dan takut dalam menghadapi usia tua dan kematian, Silakan anda mendengarkannya.

Bhante Khemaviro mengatakan kematian juga bukanlah sesuatu kejadian yang perlu di takuti. kematian hanyalah merupakan suatu proses menuju kelahiran kembali. kita akan memiliki fisik jasmani yang muda dan sehat kembali.

Dalam ceramah  Dhamma ini Bhante Khemaviro memberikan petunjuk kepada kita sebagai umat awam yang masih jauh dari keinginan untuk memasuki arus kesucian bagaimana sebaiknya pola pikir kita dalam menghadapi usia tua dan kematian. Namun tentu saja sebagai umat Buddha yang baik kita seharusnya mempunyai keinginan luhur untuk dapat terbebas dari sakit, usia tua dan meninggal. Karena itulah yang diajarkan oleh Buddha kepada kita sebagai murid-muridnya.

Dalam sesi tanya jawab, Bhante Khemaviro juga menjawab beberapa pertanyaan seputar kematian ini. Sebagai tambahan dari saya, dalam Abhidhamma kematian terjadi bukan pada saat nafas berhenti atau jantung sudah berhenti berdetak. Saat itu dianggap masih belum terjadi kematian yang benar benar sesuai abhidhamma. Dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, kematian bisa benar benar terjadi setelah beberapa hari sejak nafas dan jantung berhenti. hal itulah yang dapat menjelaskan kasus terjadinya orang yang hidup kembali dari kematian. Karena sesungguhnya memang belum benar benar meninggal. Alat alat dalam dunia kedokteran belum mampu mendeteksi terjadinya kematian berdasarkan definisi kematian yang dijelaskan dalam Abhidhamma. Hanya orang yang mempunyai kekuatan batin tertentu yang bisa mendeteksi saat kematian seseorang.

Silakan anda mendengarkan ceramah Dhamma dari Bhante Khemaviro. Anda dapat mendengarkan secara langsung lewat streaming audio dengan meng-klik tombol play dibawah ini. Anda juga dapat mengunduh file mp3 khotbah Dhamma ini terlebih dahulu, agar dapat di dengarkan pada kesempatan lain. Untuk mengunduh sebaiknya lewat komputer dan anda memerlukan username dan password yang telah kami berikan kepada masing masing anggota ceramahdhamma.com secara gratis.

Ceramah Dhamma Bhante Khemaviro ‘Menghadapi usia Tua dan kematian’

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Menghadapi Usia Tua dan Kematian”, Bhikkhu Khemaviro 13,9 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Menghadapi Usia Tua dan Kematian”, Bhikkhu Khemaviro 13.9 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu…Sadhu..Sadhu..

3 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image