Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Sri Pannavaro Mahathera

Penderitaan dan Lenyapnya Penderitaan

Submitted by Untung on July 30, 2011 – 10:07 am15 Comments

Penderitaan dan Lenyapnya PenderitaanCeramah Dhamma Oleh: Sri Pannavaro Mahathera

Penderitaan dan lenyapnya penderitaan merupakan topik utama dalam agama Buddha. Apapun aliran agama Buddha yang anda anut, semuanya bersumber pada masalah penderitaan dan lenyapnya penderitaan. Sebenarnya masalah penderitaan dan bagaimana kita dapat melenyapkan penderitaan merupakan persoalan semua umat manusia.

Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam ceramah Dhamma dalam rangka perayaan Asadha 2011 di Vihara Pluit Dharma Sukha membabarkan mengenai bagaimana caranya melenyapkan penderitaan tersebut.

Jika kita bisa menutup pintu penyebab penderitaan, maka penderitaan itu akan lenyap. Penderitaan tidak akan lenyap jika hanya dengan mencari kebahagiaan apalagi kebahagiaan yang semu. Sepintas kelihatannya benar, penderitaan dapat dilenyapkan dengan menimbulkan kebahagiaan. Tetapi jika kita renungkan sesungguhnya kebahagiaan semu itu akan menimbulkan sebuah penderitaan baru kembali. Pseudo Happiness, Kebahagiaan semu, yang palsu merupakan sumber penderitaan yang baru.

Pintu sumbernya penderitaan ada tiga yaitu mulut, perbuatan kita serta pikiran kita. Kalau saja kita dapat memantau semua pintu pintu yang dapat menimbulkan penderitaan maka kebahagiaan yang sejati dapat muncul. Penderitaan biasanya menampilkan muka yang bagus bagus. Penderitaan jarang menampakkan muka yang menyeramkan.

Sebenarnya apakah kebahagiaan yang sesungguhnya? kebahagiaan yang sejati muncul saat penderitaan lenyap. Lenyapnya penderitaan dilakukan dengan jalan mengurangi penderitaan bukan dengan jalan menciptakan kebahagiaan semu. Kebahagiaan yang sejati ada didalam diri kita sendiri. Pada saat kita mencari kebahagiaan di luar dari dalam diri sendiri maka dapat dipastikan kebahagiaan yang diperoleh adalah kebahagiaan semu. Kebahagiaan yang bersumber dari luar diri kita biasanya akan menimbulkan suatu penderitaan baru.

Jadi mulailah dengan mengubah yang ada di dalam diri kita sendiri, penderitaan akan mulai berkurang. Jika penderitaan berkurang maka kebahagiaan akan muncul.

Silakan anda meng-klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan ceramah Dhamma dari Bhante Sri Pannavaro Mahathera. Bagi para anggota ceramahdhamma.com dapat mengunduhnya dengan username dan password yang telah diberikan.

Ceramah Dhamma Sri Pannavaro Mahathera ‘Penderitaan dan Lenyapnya penderitaan’

[0:40:38]  6.97 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Penderitaan dan Lenyapnya Penderitaan 6.97 MB

Selamat mendengarkan, Semoga anda berbahagia.

15 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image