Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cunda J Supandi

Makan Nasi Basi

Submitted by Untung on December 27, 2009 – 7:17 pm4 Comments

Makan Nasi Basi,Cunda J SupandiAkhir tahun 2009 tinggal beberapa hari lagi. Apa yang telah kita lakukan dalam tahun ini? Apa yang telah kita persiapkan untuk tahun depan? Sebagian orang berpendapat biarkan hidup mengalir seperti air tidak perlu diatur, sebagian lagi mengatakan kita harus menentukan kemana arah hidup kita. Apapun pendapat anda, dalam Buddhisme ada keyakinan yang tidak terbantahkan yaitu segala sesuatu akibat timbul karena sebab. Tidak ada akibat yang tiba-tiba muncul tanpa sebab.

Jika anda selama ini merasakan hidup yang berkecukupan dan relatif bahagia tanpa harus bersusah payah, itupun suatu keadaan yang tidak mungkin terjadi tanpa sebab. Ibarat seperti seorang petani yang sedang memanen hasil tanaman nya. panenan itu ada masanya akan habis. Apakah kita sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk panen berikutnya? sudahkan kita mempersiapkan lahan dan bibitnya kembali?

Makan nasi basi, itulah perumpamaan yang dikenal dalam cerita Buddhis yang mencerminkan seseorang yang sedang menikmati manis nya buah akibat perbuatan baik yang dilakukan masa lampau namun tidak melakukan tindakan untuk membuat sebab baru agar mendapatkan buah manis yang sama di masa akan datang.

Romo Cunda J Supandi membuka ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharma Sukha dengan menceritakan kisah Visakha, makan nasi basi. Silahkan disimak. Karena secara keseluruhan ceramah Dhamma lebih dari 1,5 jam maka audio streaming dan download dibagi menjadi 2 bagian.
Bagian pertama berisi Khotbah dan bagian kedua berisi tanya jawab.

Anda bisa mendengarkan hal hal antara lain:

  • Cerita tentang Visakha
  • Berdana dan latihan melepas
  • Bhikkhu peminta-minta?
  • Melepas selang infus orang tua yang sakit parah.
  • Cara untuk membagi penghasilan
  • Mana yang lebih mudah diatasi, kebencian (Dosa) atau keserakahan (Lobha)?
  • Hoki dari berjudi?
  • 5 perbuatan yang paling buruk dalam pandangan Buddhisme
  • Mengapa jaman Buddha dulu hanya dengan mendengarkan Khotbah Dhamma seseorang bisa mencapai tingkat kesucian?
  • Bunuh diri

Silahkan disimak khotbah dhamma Romo Cunda J Supandi dengan mengklik tombol play.

Bagian Pertama Khotbah Dhamma

(1:00:22) 10.3 MB

Download Mp3 Ceramah Makan Nasi Basi 10,3 MB

Bagian kedua Tanya Jawab

(0:43:37) 7.38 MB

Download Mp3 Ceramah Tanya Jawab 7,38 MB

4 Comments »

  • stemi says:

    Salam.. kenapa sy nga bs download audio ceramah dhamma ya?

    • Untung says:

      Miss Stemi,Untuk mendownload, cukup klik (kiri) url downloadnya lalu memasukkan username dan password. Apakah username dan password sudah dimasukkan dengan benar? Jika lupa passwordnya silakan Miss Stemi email ke kami dengan menggunakan email yang terdaftar. Kami akan informasikan kembali username dan password nya Miss Stemi. Terima kasih

  • Hendra says:

    Bro, terima kasih untuk ide yang luar biasa ini dan tentu saja bukan sekedar ide tetapi juga ide yg telah diwujudkan. Saya sangat bersyukur karena bisa belajar dharma dengan baik lewat audio MP3 ini.
    Saya ada usulan. Bagaimana kalau materi ceramah dan tanya jawab disatukan dalam satu file dan bisa sekaligus diunduh. Ini akan memudahkan kita ketika mendengarnya di IPOD atau di mobil karena tidak perlu mencari file baru untuk diputar. Setahu saya hal tersebut tidak terlalu sulit. Mohon maaf jika hanya ikut merepotkan.

    • Untung says:

      Bro Hendra,
      Tidak masalah. file dipecah dengan pertimbangan agar tidak terlalu besar saat mendownload. Buat saya jika disatukan malah lebih mudah kerjanya. Beberapa ceramah sudah saya jadikan satu file antara ceramah dan tanya jawabnya seperti ceramah dari Romo Cunda yang terbaru (rahasia Tuhan). Thanks.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image