Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Cornelis Wowor MA

Alam Kehidupan

Submitted by Untung on December 17, 2015 – 2:36 pm7 Comments

Alam Kehidupan Ceramah Dhamma Alam Kehidupan oleh Bpk. Cornelis Wowor MA. Vihara Pluit Dharmasukha November 2015

Dalam Buddhisme kita mengenal alam kehidupan lain selain alam kehidupan manusia. Kita mengenal ada 31 alam kehidupan. Empat alam kehidupan berada di tingkat bawah dari alam manusia dan 26 alam kehidupan berada di tingkat lebih atas dari alam manusia. Pengertian tingkat disini bukan menggambarkan letak alam tersebut ada di bawah atau di atas tetapi menggambarkan kondisi ‘kwalitas’ dari alam kehidupan tersebut.

Bapak Cornelis Wowor MA dalam ceramah Dhamma di Vihara Pluit Dharmasukha menerangkan sebelas alam dari total 31 alam kehidupan. Empat alam kehidupan dibawah alam kehidupan manusia yaitu alam niraya (neraka), alam binatang, alam peta (hantu) dan alam assura. Satu alam kehidupan manusia dan enam alam kehidupan dewa. Selain itu ada 20 alam kehidupan lain yang tidak di terangkan oleh bapak Cornelis Wowor MA.

Anda dapat juga mendengarkan penjelasan tentang seluruh  31 alam kehidupan yang di jelaskan oleh Romo Dr. Ratna Surya Widya yang telah di posting di ceramahdhamma.com pada  bulan September 2009.

Bapak Cornelis Wowor MA sengaja memberikan ceramah Dhamma tentang alam kehidupan ini untuk menekankan kembali kepada kita agar bisa mempraktekkan sila dengan lebih baik. Jika karena kita lalai melaksanakan sila dan harus lahir kembali di salah satu dari empat alam kehidupan di bawah manusia maka kesempatan untuk lahir kembali ke alam manusia sangat lah sulit.

Sebenarnya bagi umat Buddha awam sangatlah sederhana untuk bisa mempraktekkan ajaran Buddha Dhamma yaitu selain berdana, laksanakan saja pancasila Buddhis sebaik baiknya. Berdana relatif mudah untuk dilaksanakan seperti yang telah diterangkan oleh Romo Kresno Budoyo dalam ceramah Dhamma ‘Apakah Berdana Suatu Keharusan atau Pilihan‘ . Untuk melaksanakan pancasila adalah dengan bertekad melatih diri untuk tidak membunuh, tidak mengambil sesuatu yang tidak diberikan, tidak melakukan perbuatan asusila, tidak berkata yang tidak benar dan  tidak makan atau minum sesuatu yang dapat memabukkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai 11 alam kehidupan yang diterangkan oleh Bapak Cornelis Wowor MA, silakan anda meng-klik tombol play di bawah ini. Anda juga dapat mengunduh file Mp3 dari tautan (link) yang telah kami sediakan. Untuk mengunduhnya anda memerlukan username dan password yang telah kami berikan gratis setelah anda mendaftar sebagai anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Cornelis Wowor MA  ‘Alam Kehidupan’

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Alam Kehidupan”, Cornelis Wowor MA 8,83 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Alam Kehidupan”, Cornelis Wowor MA 8,83 MB

Selamat mendengarkan. Semoga ceramah Dhamma ini dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi kita semua untuk dapat terus mempraktekkan Buddha Dhamma dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu..Sadhu…Sadhu….

7 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image