Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Sri Pannavaro Mahathera

Kekuatan Adhitthana Sebagai Landasan Sukses

Submitted by Untung on August 6, 2015 – 6:50 pm4 Comments

Kekuatan Adhitthana Sebagai Landasan Sukses Ceramah Dhamma Bhante Sri Pannavaro Mahathera, Medan 19 Juni 2010 Sumber: Youtube

Adhitthana merupakan kekuatan tekad yang melandasi keberhasilan seseorang. Adhitthana juga merupakan salah satu dari sepuluh paramita yang harus disempurnakan oleh seseorang yang bercita-cita ingin menjadi Samma Sambuddha.

Kekuatan Adhitthana sebagai landasan sukses dibabarkan oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera sebagai ceramah pengantar sebelum talk show dengan tema yang sama berlangsung di Medan tahun 2010, dengan narasumber Bapak Andri Wongso dan Bapak Cornelis Wowor .

Adhitthana atau tekad merupakan suatu keputusan awal dimana keragu-raguan sudah tidak ada lagi. Tidak mungkin kita bertekad jika masih ada keraguan dalam diri kita terhadap apa yang kita inginĀ  capai lewat tekad tersebut.

Adhitthana berguna sebagai landasan kita untuk sukses. Adhitthana laksana switch on atau starter yang menghidupkan sistim yang ingin kita jalankan. Switch saja tidak cukup, tapi harus didukung oleh perangkat perangkat yang lain.

Adhitthana tidak bisa berjalan sendiri. Tekad saja tidak cukup. Dia harus di ikuti oleh Viriya dan Khanti. Viriya adalah keuletan, semangat. Khanti adalah kesabaran, ketekunan. Adhitthana harus ditemani oleh viriya dan khanti agar bisa mencapai kesuksesan yang didambakan.

Tekad juga harus didasarkan pada pertimbangan rasional dan kebijaksanaan. Tekad harus rasional, jelas dan mampu dilakukan. Bhante Sri Pannavaro mengatakan bahwa tekad yang tanpa kebijaksanaan bukanlah tekad tetapi nekad. Tekad harus terusĀ  menerus diperbarui lewat motivasi diri agar tidak padam. Tekad juga harus dijalankan dengan penuh konsistensi. Tanpa konsistensi, tekad bisa berubah menjadi bentuk keserakahan.

Untuk memberikan penjelasan mengenai kekuatan adhitthana sebagai landasan sukses, Bhante Sri Pannavaro Mahathera juga memberikan cerita cerita sebagai ilustrasi. Cerita cerita tersebut membuat apa yang disampaikan oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera tentang kekuatan Adhitthana menjadi lebih jelas.

Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam kesempatan ini juga menyampaikan pandangan beliau mengenai apa itu yang dianggap sebagai sukses. Bhante tidak setuju jika dikatakan sukses hanya jika tujuan akhir sudah berhasil dicapai. Banyak orang yang sampai meninggal masih belum merasa berhasil. Apa yang dianggap sebagai kesuksesan oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera? Apa yang harus kita sikapi terhadap kesuksesan yang kita raih? Silakan anda dengarkan ceramah Dhamma ini.

Dalam ceramah ini banyak sekali hal hal yang harus kita renungkan sebagai tambahan wawasan kebijaksanaan kita. Silakan simak ceramah Dhamma Bhante Sri Pannavaro Mahathera dalam kekauatan adhitthana sebagai landasan sukses. Jika browser anda mengijinkan aplikasi flash player berjalan maka anda dapat meng klik tombol play untuk bisa mendengarkan ceramah secara langsung lewat streaming on line. Jika tidak, silakan anda mengunduh file Mp3 nya terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password yang telah kami berikan gratis, khusus kepada setiap anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Bhante Sri Pannavaro Mahathera “Kekuatan Adhitthana Sebagai Landasan Sukses”

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Kekuatan Adhitthana Sebagai Landasan Sukses”, Bhante Sri Pannavaro Mahathera 8.49 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Kekuatan Adhitthana Sebagai Landasan Sukses”, Bhante Sri Pannavaro Mahathera 8.49 MB

Selamat menyimak ceramah Dhamma ini. Semoga dapat menambah kebijaksanaan anda. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu..Sadhu..Sadhu…

4 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image