Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Uttamo

Bagaimana Menghadapi Suka dan Duka

Submitted by Untung on July 17, 2015 – 5:46 am8 Comments

Bagaimana Menghadapi Suka dan DukaBagaimana Menghadapi Suka dan Duka. Ceramah Dhamma oleh Bhante Uttamo.

Suka dan Duka merupakan 2 dari delapan kondisi duniawi di alam manusia yang akan selalu kita hadapi sebelum kita mencapai kesucian. Meskipun demikian kita menginginkan untuk selalu hanya bisa menerima rasa suka, tetapi apakah itu mungkin?

Bhante Uttamo dalam salah satu kesempatan ceramah Dhamma nya memberikan kiat kiat bagaimana menghadapi suka dan duka kehidupan ini. Ceramah Dhamma ini saya download dari Youtube tanpa ada keterangan kapan dan dimana ceramah ini berlangsung.

Pada awal ceramah Bhante Uttamo memberikan kiat kiat bagaimana untuk bisa lebih sering mendapatkan rasa suka dan mengurangi rasa duka. Caranya adalah dengan mengetahui penyebab dari kemunculan rasa suka dan duka itu. Penyebab rasa suka diulangi dan penyebab rasa duka di hindari, bisakah anda?

Bhante Uttamo memberikan contoh jika kita merasa senang karena mendapatkan pacar baru, maka dicari sebabnya. Sukanya apakah karena penampilannya atau apanya? nah itulah yang sering di munculkan dengan mengubah penampilan secara berkala. Cuma pikiran nakal saya mengatakan kalau memang rasa senangnya muncul karena dapat pacar baru, supaya senang lebih sering muncul, yah gampang toh, sering sering aja ganti pacar baru. hahaha.

Demikian juga dengan cara untuk mengurangi timbulnya rasa duka, Bhante Uttamo mengatakan  hindari penyebab timbulnya rasa duka tersebut.

Selanjutnya Bhante Uttamo mengatakan kita juga bisa meniru dari sekitar kita perbuatan perbuatan apa yang dapat menimbulkan rasa senang pada mereka, maka kita ikuti perbuatan tersebut. Kita mempelajari dari sekitar kita juga apa yang menjadi penyebab rasa duka muncul di diri mereka, maka hindari perbuatan itu.

Cara cara di atas memang sangat duniawi sekali, makanya Bhante Uttamo selanjutnya memberikan kiat yang sangat mendasar secara Dhamma. Apa sih penyebab dari rasa suka dan duka itu? tak lain dan tak bukan adalah dari pikiran kita sendiri yang bereaksi terhadap hasil dari keinginan kita. Jadi Bhante Uttamo mengatakan untuk menghadapi rasa suka dan duka agar hasilnya lebih banyak senangnya, syukur syukur bisa senang terus adalah dengan jalan me-manage pikiran kita. Bagaimana mengatur pikiran kita?

Anda mungkin berpikir Bhante Uttamo pasti menyuruh kita ber meditasi untuk mengatur pikiran kita. Bukan itu, Bhante Uttamo memberikan kiat yang sederhana untuk mengatur pikiran kita dalam menghadapi suka dan duka kehidupan ini, yaitu dengan jalan selalu hanya melihat sisi positip dari setiap kejadian yang datang pada diri kita. Bisakah anda melakukannya?

Contoh contoh nya anda bisa dengarkan secara lengkap dalam khotbah Dhamma Bhante Uttamo tentang bagaimana menghadapi suka dan duka kehidupan ini. Silakan anda mengklik tombol play dibawah ini. Tombol play hanya muncul jika browser anda mengijinkan flash player bekerja. Atau anda dapat mendownload mp3 Khotbah Dhamma Bhante Uttamo ini lewat komputer dengan menggunakan username dan password yang telah saya berikan secara gratis kepada setiap anggota ceramhadhamma.com

Ceramah Dhamma Bhante Uttamo ‘Bagaimana Menghadapi Suka dan Duka’

Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma ‘Bagaimana Menghadapi Suka dan Duka’ Bhikkhu Uttamo” 7.64 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma ‘Bagaimana Menghadapi Suka dan Duka’ Bhikkhu Uttamo” 7.64 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda dapat mengolah pikiran anda agar selalu merasa senang dengan kejadian apapun yang anda terima dan hadapi. Semoga semua makhluk selalu berbahagia. Sadhu..Sadhu..Sadhu..

8 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image