Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan
August 16, 2014 – 1:11 pm | 3 Comments

Sakit Tua Mati Bukanlah Sebab Penderitaan. Oleh: Bhante Sri Pannavaro Mahathera. VPDS Asadha 9 Agustus 2014
Dalam empat kesunyataan mulia dikatakan hidup ini adalah dukkha, penuh ketidakpuasan. Lahir, tua, sakit dan mati adalah dukkha. Tetapi …

Baca dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhante Kamsai

Kumpulan ceramah Bhante Kamsai

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Cunda J Supandi

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cunda J supandi

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

Dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Dr. Krishnanda W. Mukti

Home » Bhante Uttamo

Beda Kebutuhan dan Keinginan

Submitted by Untung on September 23, 2011 – 12:46 pmOne Comment

Kebutuhan VS keinginan Ceramah Dhamma Oleh : Bhante Uttamo

Apakah menikah merupakan kebutuhan atau keinginan? Apa bedanya kebutuhan dan keinginan? Menurut Bhante Uttamo banyak masalah ditimbulkan akibat tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan dan keinginan  memang sangat relatif dan bersifat subjectif. Tiap orang akan berbeda-beda. Kebutuhan bagi seseorang mungkin cuma berupa keinginan bagi orang lain.

Jika kita memiliki kemampuan untuk mengenal mana kebutuhan kita mana keinginan kita maka sebenarnya separuh masalah kita akan teratasi. Untuk mengenalinya memang butuh suatu kebijaksanaan.

Ada suatu kebutuhan pokok yang memang merupakan kebutuhan semua makhluk. Misalnya udara untuk bernafas, dan jika dilihat secara lebih mendasar sebagai kebutuhan manusia maka manusia membutuhkan makanan, obat-obatan, pakaian dan tempat bernaung. Jenis kebutuhan pokok itu terwujud lewat apa yang diajarkan oleh Buddha terhadap murid-muridnya sebagai kebutuhan para Bhikkhu?

Jadi Menikah apakah kebutuhan atau keinginan? Tidak ada jawaban yang benar dan salah. Seperti yang saya katakan menikah bagi sebagian orang menjadi kebutuhan. Bagi sebagian orang menjadi sekedar keinginan. Itulah sebabnya ada yang begitu tenang walaupun umur sudah kepala 3 namun belum menikah, ada juga yang sudah seperti orang kebakaran jenggot dan minta bantuan orang lain sebagai mak comblang.

Yang lebih parah lagi adalah memaksakan kebutuhan kita kepada orang lain. Contoh: ada orang tua memaksa anak untuk menikah padahal si anak tidak mau. dan banyak lagi lainnya.

Pergi kebaktian ke Vihara, kebutuhan atau keinginan?

Melatih meditasi itu kebutuhan atau keinginan? Jangan dijawab cepat-cepat namun renungkan dengan mendalam dan dengan kebijaksanaan. Pertimbangkan tujuan kita dan pertimbangkan juga kesempatan menjadi manusia kembali dalam lingkaran kehidupan yang lahir-mati berulang-ulang.

Tidak ada yang memaksakan sesuatu sebagai kebutuhan anda. atau mengatakan itu sebaiknya dijadikan sebagai keinginan. Namun untuk lebih jelasnyla silakan klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan ceramah Dhamma Bhante Uttamo mengenai kebutuhan dan keinginan.

Ceramah Dhamma Bhante Uttamo ‘Beda Kebutuhan dan Keinginan’

[0:46:53]    8.05 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma Beda Kebutuhan dan Keinginan 8.05 MB

Selamat mendengarkan. Semoga bermanfaat dan menambah kebijaksanaan. Semoga anda terbebas dari penderitaan batin dan jasmani.

One Comment »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image