Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Tan Chao Ming

Apa Peranan Dhamma Dalam Hidup Anda

Submitted by Untung on November 14, 2015 – 8:51 pm3 Comments

Tan Chao MingCeramah Dhamma Oleh bapak Tan Chao Ming, Oktober 2015, Vihara Pluit Dharmasukha.

Pernahkan anda berpikir, untuk apa anda beragama Buddha? Apa peranan Dhamma dalam hidup anda? Pangeran Ajatasatu dalam satu kesempatan mengundang Buddha dan para Bhikkhu ke istana. Pada kesempatan itu, Pangeran Ajatasatu bertanya apakah bedanya antara ajaran Buddha dengan yang lain. Seperti kita ketahui pada saat itu di India banyak sekali guru guru spiritual selain Buddha Gautama.
Buddha menjawab perbedaaannya adalah, jika untuk murid murid Buddha sebagai Bhikkhu, mereka bisa menjadi Buddha, sedangkan untuk para umat awam, seyogyanya mereka bisa menemukan ketenangan dan kedamaian.

Jika saat ini kita sudah beragama Buddha dan memiliki Dhamma, namun tidak mendapatkan ketenangan dan kedamaian seperti yang Buddha katakan, dimana letak kesalahannya? Tentu saja tidak mungkin seorang Buddha mengatakan sesuatu yang tidak benar. Beliau menjawab pertanyaan pangeran Ajatasatu bukan sebagai propaganda agar murid guru yang lain menjadi pengikut Buddha tetapi semata-mata Buddha mengatakan sebuah kebenaran. Jadi Ketenangan dan kedamaian seharusnya di miliki oleh setiap umat Buddha.

Jadi jika kita saat ini masih sering gelisah dan khawatir, tidak menemukan ketenangan dan kedamaian. Itu artinya kita masih belum menjadi umat awam yang seperti di maksud Buddha Gautama. Kita masih belum mempraktekkan Dhamma dalam kehidupan sehari hari. Mungkin kita selama ini memiliki Dhamma hanya sekedar sebuah pengetahuan bukan sebagai “way of life“. Dhamma sebagai sebuah cara bagaimana kita menjalankan kehidupan ini.

Sudah lama sekali ceramahdhamma.com tidak memposting ceramah dari Bapak Tan Chao Ming. Dalam ceramah Dhamma kali ini, seperti biasa Bapak Tan Chao Ming berbincang bincang tentang kehidupan ini. Ceramah Dhamma yang ringan ringan saja. Pertanyaan apa peranan Dhamma dalam hidup anda menjadi hal yang di bahas dalam ceramah Dhamma Bapak Tan Chao Ming kali ini.
Dalam tanya jawab, anda juga dapat menemukan keterangan keterangan tentang apa itu Budhist ortodox dan non ortodox, apa perbedaan di antara keduanya. Hal-hal sekitar ‘inkulturasi’ dalam agama Buddha juga di singgung oleh Bapak Tan Chao Ming.

Untuk lebih jelasnya silakan anda mendengarkan secara langsung ceramah Dhamma dari bapak Tan Chao Ming ini. Silakan klik tombol play di bawah ini. Anda juga dapat mengunduhnya terlebih dahulu lalu berkas Mp3 nya di pindah ke gadget yang anda inginkan, Untuk mengunduhnya anda memerlukan username dan password yang telah kami berikan secara gratis kepada setiap anggota ceramahdhamma.com

Ceramah Dhamma Bapak Tan Chao Ming ‘Apa Peranan Dhamma Dalam Hidup Anda’


Untuk Para Pengguna IPad,Iphone (iOS) Streaming Ceramah Dhamma “Apa Peranan Dhamma Dalam Hidup Anda”, Bapak Tan Chao MIng 16 MB

Download (Selain pengguna IPad,Iphone) Ceramah Dhamma “Apa Peranan Dhamma Dalam Hidup Anda”, Bapak Tan Chao MIng 16 MB

Selamat mendengarkan, semoga ceramah Dhamma ini dapat memberikan tambahan wawasan kebijaksanaan anda. Semoga anda berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu..Sadhu..Sadhu..

3 Comments »

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image