Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Sumana Siri

Buddhism adalah Mentransformasi

Submitted by Untung on November 29, 2013 – 11:49 pmNo Comment

Bhante Sumana Siri Buddhism adalah Mentransformasi  oleh Bhante Dr. Sumana Siri

Buddhism adalah mentransformasi dalam pengertian Agama Buddha bukalah sekedar ajaran atau hanya memberikan informasi tetapi mentransformasi atau membawa perubahan tentunya ke arah kebaikan. Demikian dikatakan oleh Bhante Dr. Sumana Siri. Bhante Dr. Sumana Siri lahir di Malaka dari orng tua pasangan suami istri Singapore. Umur 11 tahun ditahbiskan menjadi Bhikkhu yang merupakan pertama kali terjadi di Singapore. Lebih lengkap mengenai beliau dapat di cari lewat google dengan kata kunci Dr. Sumana Siri.

Bhante dr. Sumana Siri hadir di Indonesia atas undangan dari Vihara pluit Dharma Sukha untuk memberikan ceramah dalam perayaan Kathina tahun 2013 di VPDS Jakarta.

Kembali ke topik di atas, Agama Buddha adalah agama yang membawa perubahan ke arah kebaikan. Dengan demikian seseorang yang mengaku beragama Buddha haruslah dapat membawa perubahan ke arah kebaikan minimal dalam lingkungan keluarga sendiri.

Banyak orang yang salah mengerti tentang agama Buddha. Kesalahan itu pun terjadi pada penulis penulis Buddhis. Agama Buddha tidak lah mengajarkan negativeisme maupun pesimisme. Agama Buddha menyelami dan mengakui penderitaan justru untuk dapat melenyapkan penderitaan tersebut.

Dalam empat kesunyataan mulia hal tersebut sangat jelas terlihat. Butir ketiga dari empat kesunyataan mulia menerangkan tentang akhir dari Dukha atau penderitaan dan butir ke empat dari empat kesunyataan mulia menerangkan dan mengajarkan kita bagaimana caranya atau jalan untuk melenyapkan penderitaan.

Agama Buddha juga tidak melulu mengajarkan tentang kehidupan setelah kematian ataupun hanya membicarakan Nibbana. Selain mengajarkan kebahagiaan dari para rohaniwan Buddhis (para Bhikkhu/anggota Sangha), Agama Buddha juga menerangkan tentang adanya empat kebahagiaan yang dapat dimiliki oleh para umat perumah tangga atau umat awam.

Empat kebahagiaan para perumah tangga adalah:

  1. Kebahagiaan ketika menjadi kaya, memiliki banyak materi
  2. Kebahagiaan dalam memanfaatkan materi tersebut
  3. Kebahagiaan akibat tidak berhutang
  4. Kebahagiaan hidup tanpa cela.

Empat kebahagiaan para perumah tangga diatas diterangkan oleh Bhante Dr. Sumana Siri dalam ceramah Dhamma pada perayaan Kathina tahun 2013 Vihara Pluit Dharma Sukha.

Selain itu silakan anda mendengarkan ceramah Dhamma Bhante Dr. Sumana Siri  yang mengatakan Buddhism adalah membawa transformasi. Silakan klik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan secara langsung atau silakan menggunakan password dan username yang telah diberikan untuk mengunduh file mp3 ceramahnya.

Ceramah Dhamma Bhante Dr. Sumana Siri ‘Buddhism adalah Mentransformasi’

[1:12:19]   12.4 MB

Download Buddhism adalah Mentransformasi 12.4 MB

Selamat mendengarkan. Semoga anda berbahagia. Sadhu..Sadhu..Sadhu..

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image