Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Tan Chao Ming

Imlek dan Dharma

Submitted by Untung on February 11, 2011 – 7:28 amNo Comment

Tan Chao MingDear Kalyanamita, Gong Xi Fa Chai

Masih dalam suasana Lunar new year, Bapak Tan Chao Ming memberikan ceramah mengenai imlek dan dharma. Pengetahuan beliau tentang Budaya dan Mahayana buddhism tidak membuat ceramah ini menjadi berat. Apa sebenarnya Imlek itu?

Saat Tahun baru Imlek diputuskan sebagai libur nasional sampai beberapa tahun lampau, kita masih menjumpai perdebatan mengenai apakah tahun baru Imlek merupakan hari besar keagamaan atau bukan. Mestinya hal tersebut kita serahkan ke masing-masing individu.

Jika dikatakan Tahun baru imlek merupakan Chinese new year juga sebenarnya kurang tepat karena yang menggunakan kalendar lunar bukan hanya bangsa China. Jika dikatakan Lunar new year sebagai hari keagamaan Buddha juga tidak bisa 100% benar. Buktinya saudara-saudara kita dari non Chinese dan beragama Buddha tidak ikut merayakannya.

Suku Hui di daratan Tiongkok yang beragama Islam pun merayakan tahun baru Imlek dengan cara mereka sendiri. Dalam perayaan Imlek ini budaya dan agama sudah berbaur, sulit mengatakan secara sederhana apakah ini budaya atau perayaan agama.

Dalam menyambut lunar new year kita mengirimkan ucapan-ucapan selamat dalam beragam kata-kata. Ada yang umum seperti Gong Ci Fa Chai. Dalam kesempatan ceramah ini Bapak Tan Chao Ming menjelaskan arti dari beberapa kalimat ucapan selamat dalam bahasa mandarin dalam menyambut Imlek.

Selain itu dalam ceramah ini juga banyak dibahas hal-hal lain yang berkaitan dengan Imlek dan Dharma serta kehidupan sehari-hari kita. Apa makna Imlek yang harus kita mengerti.

Silakan Kalyanamita mendengarkan secara langsung atau mendownloadnya dengan menggunakan username dan password yang sudah diberikan.

Ceramah Dhamma Bapak Tan Chao Ming ‘Imlek dan Dharma’

[01:28:55] 15.2 MB

Download Mp3 Ceramah Dhamma ‘Imlek dan Dharma’ 15.2 MB

Happy Lunar new year. Semoga tahun kelinci ini banyak membuahkan karma baik buat kita semua. Semoga negara kita aman,tenteram dan sejahtera. Semoga semua makhluk berbahagia. Salam Sejahtera.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image