Pertolongan Dewa Dewi
October 12, 2016 – 10:24 am | 2 Comments

Ceramah Dhamma dr. Ratna Surya Widya, Vihara Pluit Dharmasukha. Oktober 2016
Agama Buddha mengenal alam dewa dewi. Tingkatannya ber beda-beda. Ada dewa alam rendah ada dewa alam yang lebih tinggi. Manusia bisa mendapatkan pertolongan dewa dewi.
Dalam …

Baca artikel pengantar dan Dengarkan Ceramah Selengkapnya »
Bhikkhuni Santini

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhikkhuni Santini

Cornelis Wowor MA

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. Cornelis Wowor MA

Download Paritta

Silahkan mendengarkan dan mendownload Paritta-paritta Suci

dr. Krishnanda W. Mukti

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bp. dr. Krishnanda W. Mukti

Suhu Xian Xing

Kumpulan Ceramah Dhamma dari Bhiksuni Xian Xing

Home » Bhante Kheminda

Abhidhamma Made Easy 1 Day 1

Submitted by Untung on October 22, 2011 – 7:24 am16 Comments

Abhidhamma Made Easy Bhante Kheminda Abhidhamma Made Easy 1 oleh: Bhante Kheminda

Kursus Abhidhamma yang dibawakan oleh Bhante Kheminda dikenal dengan Abhidhamma Made Easy sudah memiliki gaung terutama di kota Jakarta. Tidak kurang dari 3 Vihara di Jakarta yang sudah menyelenggarakan Abhidhamma Made Easy 1 yang bertema ‘Kesadaran’ atau Citta/Pikiran. Beberapa Kota diluar Jakarta juga sudah menyelenggarakan Abhidhamma Made Easy 1 ini.

Berbeda dengan penyelenggaraan kursus Abhidhamma lainnya, peserta Abhidhamma Made Easy (AME) yang dibawakan oleh Bhante Kheminda selalu dihadiri oleh ratusan peserta walaupun lama kursus per topik mencapai 10 hari berturut-turut.

Pada kesempatan ini saya akan memposting Abhidhamma Made Easy hari pertama yang berupa perkenalan pada Abhidhamma itu sendiri.
Di kalangan Buddhis sendiri ada yang mempunyai pendapat bahwa Abhidhamma bukan merupakan ajaran dari Buddha. Bhante Kheminda pada kursus AME hari pertama ini menjelaskan kenapa ada sebagian orang yang berpendapat salah seperti itu.

Apa sebenarnya manfaat orang mempelajari Abhidhamma? Setidaknya menurut Bhante Kheminda orang yang mempelajari dan memahami Abhidhamma akan mempunyai kehidupan spiritual yang lebih baik. Abhidhamma juga merupakan peta petunjuk bagi para pemeditasi Buddhis baik samatha maupun vipassana.

Bhante Kheminda mengatakan bahwa Abhidhamma sebenarnya tidak bertentangan dengan sutta-sutta. Abhidhamma menerangkan sesuatu dengan lebih detail. Sebagai ilustrasi bisa diambil perumpamaan jika Buddha menerangkan air dalam sutta sebagai air maka Buddha dalam Abhidhamma akan menerangkan air terdiri dari 2 unsur hidrogen dan satu unsur oksigen serta menguraikan kembali apa itu hidrogen dan apa itu oksigen, bagaimana mereka berinteraksi sehingga menjadi air dan seterusnya.

Jika dalam sutta, Buddha menerangkan pancakhanda ( lima unsur), Nama- Rupa dalam satu halaman maka dalam Abhidhamma pembahasan tentang Nama dan Rupa bisa menjadi 50 atau 60 halaman.

Silakan anda mengklik tombol play dibawah ini untuk mendengarkan kursus hari pertama Abhidhamma Made Easy 1 oleh Bhante Kheminda. Untuk tanya jawabnya (QNA) akan saya posting pada kesempatan lain, mungkin digabung QNA kursus hari pertama dan kedua dalam satu postingan. Dibawah juga saya tampilkan beberapa slide yang ditampilkan dalam kursus hari pertama ini.

Kursus Abhidhamma Made Easy 1 day 1 oleh Bhante Kheminda

[1:13:16]   12.5 MB

Download Abhidhamma Made Easy 1 day 1 12.5 MB 

Selamat Menikmati. Semoga Abhidhamma Made Easy ini dapat memberikan perubahan dalam kehidupan spiritual anda. Nantikan selanjutnya postingan Abhidhamma Made Easy1 hari kedua serta kumpulan tanya jawabnya. Semoga anda berbahagia. Salam Sejahtera.

Postingan Terkait:
Abhidhamma Made Easy1 DAY 2

16 Comments »

  • kwang hoo says:

    bro Abhidhamma Made Easy season 2 kapan keluarnya

    • Untung says:

      Bhante Kheminda sudah melakukan AME season 2 , cuma saya tidak memiliki rekamannya. coba mampir ke facebooknya bhante Kheminda, mungkin disana ada informasi dimana bisa mendengarkan AME 2 nya. Terima kasih.

  • tono says:

    Pak Admin/ mas Mod,

    Kenapa dipassword segala, ceramah dhamma-nya untuk di download pak?
    memang tidak terlalu sulit untuk menjadi anggota, tapi kesan pertama untuk menikmati ceramah secara offline,… seperti dipersulit.

    Mudah-mudahan ajaran menjadi mudah didapat, jadi yang Dhamma Dana juga tidak setengah-setengah…. Dhamma untuk siapa saja kapan saja… makin gampang didapat makin banyak yang menyimak, makin banyak yang menyimak makin besar manfaat dari apa yang sudah kita kerjakan dengan berat ini.

    Mudah-mudahan web ini makin maju bersama orang-orang yang hebat dan punya integritas,… penghargaan yang besar dan selamat kepada para pekerja dibelakang layar web ini.

    Semoga Dhamma makin mudah ditemukan dan dipahami bagi generasi muda
    untuk dipraktekkan dalam lingkungan masing-masing.

    Sarjana Marjayeng Westhi

  • Rayno says:

    Pak Untung,

    slide presentasinya bisa didownload di mana?

    terima kasih

  • Sutjipto says:

    Terima kasih untuk sharing audio Dhamma. Saya download dengan Firefox 7.0.1 dan berhasil.

  • Lanny says:

    AME 1 day 1 disampaikan dengan lugas dan jelas. Diselingi humor segar tanpa mengurangi inti dari materi yg disampaikan. Semoga Ceramah Dhamma ini memberikan pencerahan bagi saya dan bermanfaat bagi semua makhluk.

    Terima kasih Pak Untung untuk semua Ceramah Dhamma-nya.

    SSBS.

  • Budiono says:

    saya kalo download selalu pakai download manager spt Flashget. tinggal masukkin username & password saya yg di ceramahdhamma.com keFlashget. jadi tiap kali mau download mp3 ceramahdhamma, tinggal dicopy paste aja ke download manager. ga usah repot2 ketik username & password lagi. downloadnya bisa dicicil lagi karena bisa diresume (klo internetnya lagi lambat).

  • saya menggunakan firefox versi 4….ternyata bisa untuk mendownload file AME1

  • Santuti says:

    Salam metta,

    Saya memakai firefox 6.02,dan sukses mendownload AME1 jadi mungkin Sdr. Wijiyanto bisa mencoba download ulang,semoga berhasil kali ini :)

    Dan di tunggu AME1 edisi selanjutnya selanjutnya
    Anumodana _/\_ Bro Untung

    Salam metta,
    santuti

  • kennedy siswanto says:

    Semoga Bahagia dalam Dhamma,

    Download AME 1 berhasil dengan firefox 4.o.1
    memang agak sulit karena kadang terputus sebelum capai 12,6MB….dicoba aja download ulang…saya bisa…anda jg bisa…selamat mencoba

    Mettacittena,

  • yanti says:

    Sebelum mendengar ceramah on line tentang abidhamma. saya takut untuk mengenal dan belajar abidhamma. karena banyak yang mengatakan bahwa abidhamma itu sulit. Apalagi pemahamaman saya tentang dhamma masih banyak yang kurang. Terima kasih

  • Handy says:

    Terima kasih atas upload AME1 hari 1, saya download menggunakan Firefox versi 6.02 bila langsung klik Link Download hanya berhasil beberapa detik. jadi harus menggunakan klik kanan seperti yang disarankan. Maka Download berlangsung dengan sukses. Ditunggu hari berikutnya yah
    Anumodana

  • Wijiyanto says:

    Salam dhamma,

    Saya mendownload AME hari 1 dengan firefox ternyata hanya bisa 1,6 MB dari yang seharusnya 12.6 MB. Jadi saya hanya bisa mendengarkan sebagian dari ceramah AME hari 1.

    Demikian semoga bisa menjadi masukan untuk lebih baik lagi di masa mendatang.

    Terima kasih.

Kami Mengharapkan Komentar Anda, Silakan Tulis Komentar Anda !

Silahkan Isi Komentar anda dibawah, atau trackback dari site anda. Tulislah Komentar Anda dengan Sopan dan tetap dalam topik Buddha Dhamma/Ceramah Dhamma.

Web ini memungkinkan Anda Menggunakan Gravatar. Untuk mendapatkan Gravatar anda, Silakan daftar di Gravatar. Komentar akan di-moderasi sebelum ditampilkan. Terima Kasih

*
Mohon tuliskan kata yang ada di bawah ini sebelum klik 'Kirim Komentar'. Terima kasih.
Anti-spam image